BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

MANFAATKAN SOFTWARE AKUNTANSI AGAR PERUSAHAAN TIDAK KALAH BERSAING DALAM MEA (MASYARAKAT EKONOMI ASEAN)

Pada akhir tahun 2015 yang lalu, telah dicanangkan untuk Masyarakat Ekonomi Asean yang bertujuan untuk membentuk pasar tunggal diwilayah kawasan Asia Tenggara. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan daya saing Asean sehingga akan dapat menyaingi Negara Cina dan India dalam hal menarik banyaknya investor asing agar bersedia untuk menanamkan modalnya. Pembentukan pasar tunggal ini akan semakin membuka akses bagi para pengusaha untuk menjual barang-barang dan jasnya dengan lebih mudah kepada Negara-negara lainnya di seluruh Asia Tenggara, sehingga akan menjadikan persaingan yang semakin ketat.

Tentunya para pelaku usaha yang berada di Indonesia juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan baru di era MEA. Pengusaha juga harus dapat menentukan tentang bagaimana strategi selanjutnya dalam menghadapi berbagai persaingan dari para pihak-pihak luar dengan memberikan pelayanan yang terbaik, kualitas produk yang bagus, dan harga yang lebih kompetitif. Namun demikian, masih banyak sekali ditemukan para pelaku usaha yang masih tetap menjalankan usahanya secara konvensional. Mereka hanya sekedar berupaya untuk menghadapi gempuran-gempuran pasar lokal dan masih belum sampai mempersiapkan diri pada tahapan untuk menghadapi persaingan dengan pasar-pasar luar negeri. Karena merasa bisnisnya masih bersakala kecil dan hanya bisa bermain di pasar lokal saja, kebanyakan dari para pelaku usaha ini telah mengabaikan betapa pentingnya laporan keuangan usaha mereka.

Pada era MEA ini para pelaku usaha seolah wajib memiliki kreativitas dan inovasi dalam hal menjalankan usahanya, sehingga operasional dari usaha akan dapat tercermin dalam laporan keuangan usahanya. Pembuatan laporan keuangan akan dapat dilakukan secara manual ataupun dengan menggunakan Microsoft Excel untuk merangkum bagaimana alur operasional dari usahanya. Namun kedua cara tersebut tetap membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk input transaksi sampai dengan terbitnya laporan keuangan. Dan karena hal inilah yang seringkali menyebabkan informasi keuangan yang didapat oleh perusahaan tidak ter up to date dengan baik, sehingga owner tidak dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat.

Hal tersebut diatas apabila dibiarkan terlalu lama akan semakin menghambat laju pertumbuhan dari usaha Anda. Dan solusi terbaiknya untuk mengatasi hal ini adalah dengan jalan menggunakan software akuntansi. Perangkat lunak inilah yang nantinya akan banyak membantu para pelaku usaha untuk dapat mencatat bagaimana laju arus keuangan dari usaha dan untuk menghasilkan laporan keuangan dengan lebih cepat. Selain hal itu, terdapat juga beberapa alasan lain mengapa pengusaha juga harus harus bisa menggunakan software akuntansi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dengan menggunakan software akuntansi, maka kondisi keuangan akan dapat terus terpantau selama pencatatan dilakukan dengan tetap selalu konsisten. Mengetahui bagaimana kondisi keuangan terbaru akan sangat membantu bagi owner agar dapat segera membuat perencanaan atau langkah-langkah yang lebih strategis.

2. Software akuntansi sebagai alat utama dalam mengendalikan dan mengelola pengeluaran. Anda dapat melakukan perbandingan pengeluaran pada setiap periodenya.

3. Sebagai pemilik usaha, Anda juga harus mampu untuk menyajikan laporan keuangan bagi pihak yang berkepentingan, seperti investor, perbankan, atau terhadap pihak pemerintahan.

Pemilihan Software Akuntansi juga merupakan salah satu hal yang tidak kalah pentingnya bagi seorang pengusaha, karena apabila salah dalam menggunakan software akuntansi tentunya akan sangat berdampak sangat besar terhadap hasil dari laporan keuangan yang akan dihasilkan.

Dengan menggunakan software akuntansi yang lebih tepat, maka tentunya perusahan akan sangat terbantu dan semakin mengurangi beban kerja yang harus dilakukan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga sumber daya dan tenaga yang ada dapat dimanfaatkan se efektif mungkin untuk mengerjakan hal-hal lainnya dalam meningkatkan kinerja dan untuk semakin mengembangkan perusahaan.

Apabila membutuhkan software accounting, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp