BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

MEMPERTIMBANGKAN CLOUD ACCOUNTING SOFTWARE SEBAGAI ALAT PENGAWASAN DAN CONTROL KEUANGAN MILIK PERUSAHAAN

Dalam internal perusahaan kegiatan pengawasan dan control terhadap segala kegiatan keuangan perusahaan Anda merupakan hal terpenting yang harus selalu Anda lakukan, tidak hanya agar roda perjalanan bisnis Anda bisa tetap berjalan, namun juga agar bisnis Anda bisa tumbuh dan mampu untuk menghasilkan untung yang lebih besar. Oleh karena itu, setidaknya Anda membutuhkan adanya sebuah alat bantu yang sangat efektif berupa program accounting yang dapat membantu Anda untuk selalu (keep on eye/melanjutkan pengamatan) terhadap segala kegiatan akuntansi perusahaan Anda.

Kegiatan akuntansi seharusnya tidak menjadi pekerjaan yang terlalu berat. Terdapat banyak sekali solusi yang tersedia untuk berbagai macam ukuran, jenis dan kebutuhan dari bisnis Anda. Dan salah satu alat terbaik yang mungkin dapat membantu bisnis Anda dalam permasalahan pengawasan keuangan adalah cloud accounting software. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan cloud accounting software, alangkah lebih baiknya jika Anda untuk mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk menggunakannya:

1. Dinamis Mobile or (atau) Non-Mobile.

Yang pertamakali dan sangat perlu untuk Anda pertimbangkan pada saat akan menggunakan cloud accounting software adalah apakah Anda sudah termasuk sebagai seorang pebisnis yang dinamis dan serba mobile atau tidak. Jika memang bisnis yang Anda jalankan adalah termasuk bisnis yang dinamis dan serba mobile, maka cloud accounting software memang menjadi pilihan terbaik bagi bisnis Anda.

Cloud accounting software menawarkan banyak sekali kemudahan, dan beberapa diantaranya adalah dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama terdapat jaringan koneksi internet yang stabil. Meskipun demikian, cloud accounting software juga dapat menjadi sebagai pilihan alternatif bagi pebisnis yang tidak terlalu sering mobile dalam menjalankan roda perjalanan bisnisnya. Hal ini dikarenakan, cloud accounting software adalah software yang sangat ringan untuk segala jenis perangkat computer maupun gadged dan tidak membutuhkan adanya infrastruktur fasilitas IT (hardware) yang terlalu tinggi serta kompleks.

2. Mampu Terintegrasi dengan Program atau Aplikasi Lainnya.

Memilih software accounting harusnya memiliki sistem yang support atau dapat terintegrasi langsung dengan software atau aplikasi lain yang sejenis seperti aplikasi: e-Faktur dari Dirjen Pajak. Oleh karena itu, sebelum Anda akan memutuskan untuk menggunakan cloud accounting software, maka pastikan apakah software tersebut sudah dapat terintegrasi dengan aplikasi e-Faktur. Hal inilah yang dimaksudkan agar Anda tidak perlu bekerja dua kali dalam hal proses input data-data yang sudah saling berhubungan dari software-software tersebut. Apabila setiap software dapat saling terintegrasi dengan baik, maka Anda hanya tinggal mengekspor atau mengimpor data dari salah satunya saja.

3. Cukup Mudah dan Tentunya Terjamin Keamanannya Saat Digunakan.

Desain merupakan hal yang paling penting untuk saat ini. Namun desain yang terlalu bagus sekalipun belum tentu baik. Begitu pula pada saat Anda memilih cloud accounting software. Pada saat Anda memilih cloud accounting software, pilihlah desain interface software yang menurut Anda cukup mudah untuk digunakan. Perhatikan juga apakah desain tersebut dapat memberatkan proses kinerja dari perangkat atau gadget Anda. Selain hal itu, pilihlah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki sistem keamanan yang minimal cukup baik. Pada saat Anda akan memutuskan untuk menggunakan cloud accounting software, itu berarti juga bahwa Anda sudah setuju untuk menggunakan jasa dari pihak ketiga dalam menyimpan data-data penting keuangan Anda. Oleh karena itu, pilihlah provider yang memiliki integritas baik dan juga sistem keamanan yang terbaik dalam penerapan programnya.

4. Memiliki Fitur yang Anda Butuhkan dan Keunggulan Produk.

Hal terpenting lain yang harus Anda dipertimbangkan pada saat akan memilih cloud accounting software adalah apakah fitur-fitur yang telah ditawarkan oleh providernya sudah sangat sesuai dengan kebutuhan dari bisnis Anda. Untuk saat ini begitu banyak jenis-jenis dari cloud accounting software, mulai dari yang bersifat home budget manager atau yang memang secara khusus untuk kategori perusahaan. Pada dasarnya hampir semua provider akan menawarkan fitur yang tetap sama, namun untuk keunggulan dari produklah yang nantinya akan membedakan dari semuanya.

5. Memiliki Layanan Support dan Training yang Profesional.

Cloud accounting software memang didesain dengan sedemikian rupa agar dapat dengan mudah untuk digunakan oleh semua pihak, baik itu adalah yang masih belum memahami akuntansi secara sempurna maupun untuk seorang akuntan profesional sekalipun. Meskipun demikian, Anda masih tetap membutuhkan adanya layanan support dan training manakala Anda sedang mengalami kendala pada saat menggunakan software tersebut. Pilihlah provider yang dapat memberikan layanan bantuan selama 24jam dan cukup mudah untuk dihubungi dengan profesional.

6. Kesimpulanny adalah:

Cloud accounting software merupakan salah satu tools terbaik yang dapat semakin mempermudah Anda dalam mengontrol keuangan perusahaan. Untuk saat ini sangat banyak sekali software akuntansi yang sudah berbasis cloud yang menawarkan jasanya dari internet, namun yang perlu untuk Anda pertimbangkan adalah beberapa hal diatas sebelum akan memutuskan untuk benar-benar memilih dan menggunakan cloud software accounting.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan software accounting, SOP Finance & accounting, serta pendampingan pembuatan SOP terintegrasi dengan software accounting dan implementasi software accounting silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp