BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

MENGETAHUI PENTINGNYA SKILL AKUTANSI BAGI PELAKU BISNIS

Kali ini kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Mengetahui Pentingnya Skill Akutansi Bagi Pelaku Bisnis”.
Akuntansi adalah seperangkat aturan untuk dokumentasi transaksi keuangan yang digunakan untuk menganalisis dan menyajikan informasi keuangan. Dengan akuntansi yang baik, Anda dapat mengukur kesuksesan dan profitabilitas bisnis Anda di masa depan. Akuntansi sangat penting di berbagai aspek bisnis, yaitu peran dalam pelaporan keuangan bisnis. Tentu saja dengan perencanaan uang yang baik, akan memudahkan anda dalam berbagai hal, misal penentuan gaji karyawan, modal pembelian barang mentah, biaya promosi, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah peran penting akuntansi dalam bisnis.

Pengatur Keuangan
Dalam hal ini akuntansi berperan untuk mempertimbangkan kesehatan keuangan perusahaan. Catatan laba buku yang dicatat sebelumnya, pajak yang dibayarkan, asset yang dimiliki, dan seluruh kewajiban perusahaan, semua itu tidak mungkin tanpa adanya sistem akuntansi yang tepat.

Informasi Kepada Investor
Akun dan laporan keuangan mewakili organisasi di depan pemegang saham, seperti investor, kreditor, debitor, pemerintah, pelanggan, dan karyawan. Akun bertindak sebagai representasi bagi para pemangku kepentingan ini, yang secara langsung dipengaruhi oleh posisi keuangan perusahaan. Sebagai contoh, seorang investor akan mengawasi kinerja perusahaan sebelum berinvestasi dalam sahamnya.

Perencana Anggaran
Anggaran membantu bisnis merencanakan strategi, menghemat uang untuk rencana ekspansi, dan belanja modal. Ini juga menetapkan sinyal peringatan jika pengeluaran melebihi luar biasa. Akuntansi akan memastikan pemeliharaan catatan sejarah yang menjadi dasar pembuatan dan perencanaan anggaran.

Laporan Profit
Tujuan utama dari bisnis apa pun jelas adalah untuk menghasilkan keuntungan. Pajak menurut undang-undang seperti pajak penghasilan atas laba wajib dibayarkan secara wajib oleh bisnis. Untuk memastikan jumlah laba, akuntansi adalah suatu keharusan.

Tanpa akuntansi, bisnis Anda akan menjadi seperti kapal tanpa radar, bergerak tanpa arah. Bahkan dalam kegiatan sehari-hari kita, kita tetap memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran kita. Bisnis kecil dan besar sama-sama memelihara akun untuk mengawasi posisi keuangan mereka, yang merupakan motif utama dari bisnis apa pun. Pihak yang berminat dapat membuat keputusan yang andal berdasarkan akun. Tentu saja, manajemen kadang-kadang dapat melibatkan diri dalam mendandani akun yang dengan maksud untuk menipu para pemangku kepentingan. Itulah sebabnya undang-undang menetapkan audit wajib untuk bisnis yang melebihi omset tertentu, yang mungkin berbeda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang relevan dari negara tersebut.
Demikian artikel kami tentang pentingnya akuntansi dalam bisnis. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami, dan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ingin lebih tahu tentang artikel diatas, ingin mendalami ilmu akuntansi dalam bisnis, penggunaan aplikasi akuntansi dalam bisnis. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp