BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

METODE BUDGETING YANG PERLU ANDA TAHU

Pandemi telah membuat perusahaan berpikir secara berbeda tentang cara mereka menjalankan bisnis mereka, terutama dengan cara mereka menangani budgeting. Strategi budgeting sebelumnya mungkin tidak sesuai untuk saat ini, sehingga sangat perlu mengevaluasi kembali pendekatan dan teknik budgeting yang akan dipraktikkan dan melihat apakah ini berhasil.
Jika Anda kesulitan mempertahankan anggaran Anda saat ini, atau metode budgeting Anda saat ini tidak lagi sesuai untuk Anda, berikut adalah empat strategi budgeting berbeda yang dapat Anda coba.

1. Budgeting bertahap
Budgeting tambahan adalah bentuk budgeting bisnis yang paling mudah dan paling banyak digunakan. Ini adalah jenis budgeting yang mungkin sudah Anda lakukan di perusahaan Anda. Di sinilah Anda menyesuaikan anggaran yang ada sedikit demi sedikit sesuai dengan pertumbuhan atau penurunan keseluruhan perusahaan Anda.
Misalnya, jika perusahaan Anda mengalami penurunan penjualan sebesar 10% pada tahun 2020, ini berarti juga mengurangi anggaran Anda sebesar 10% secara keseluruhan.
Budgeting tambahan mudah dihitung dan membuat penyesuaian di seluruh perusahaan. Namun, itu tidak memperhitungkan inflasi atau tren pasar.

2. Budgeting berbasis aktivitas
Metode budgeting berbasis aktivitas berputar di sekitar hasil yang ingin Anda capai.
Misalnya, jika perusahaan Anda ingin menghasilkan penjualan sebesar 2 Milyar pada tahun 2023, Anda perlu bekerja mundur untuk menentukan aktivitas yang akan membawa Anda ke sana dan berapa banyak yang Anda perlukan untuk mendanai aktivitas ini.
Budgeting berbasis aktivitas paling baik digunakan ketika Anda memiliki tujuan tunggal yang jelas. Metode berbasis aktivitas juga lebih cocok untuk tujuan jangka pendek daripada tujuan jangka panjang.

3. Budgeting proposisi nilai
Sesuai dengan istilahnya, budgeting berbasis nilai mengharuskan perusahaan untuk meninjau setiap garis anggaran untuk menentukan nilai yang dibawanya ke perusahaan, pelanggan, staf, dan pemangku kepentingan terkait dengan biayanya.
Anggaran perlu diperinci dan dibenarkan untuk membuktikan bahwa setiap item membawa nilai bagi bisnis dan sepadan dengan biayanya. Jika suatu item terbukti lebih mahal daripada nilainya, item tersebut dihapus dari daftar dan anggaran dialokasikan kembali.
Budgeting proposisi nilai jarang digunakan sendiri. Ini sering digabungkan dengan metode budgeting lainnya, seperti metode budgeting berbasis aktivitas.

4. Budgeting berbasis nol
Mirip dengan metode budgeting proposisi nilai, metode budgeting berbasis nol melibatkan melalui setiap item baris demi baris untuk membenarkan anggaran dan pembelian. Cara ini digunakan untuk menghemat dan meminimalisir pengeluaran berlebih.
Dibandingkan dengan budgeting tambahan di mana anggaran disesuaikan dengan persentase tertentu secara keseluruhan, budgeting berbasis nol mengasumsikan bahwa semuanya dimulai dari nol. Maka, setiap pengeluaran harus dibenarkan naik.
Ini adalah metode terbaik untuk digunakan jika Anda ingin menjaga pengeluaran Anda serendah mungkin. Namun, mungkin butuh waktu paling lama untuk melakukannya. Karena memakan waktu, ini bukan yang terbaik untuk perusahaan besar, tetapi dapat membantu bisnis kecil bertahan dan memenuhi kebutuhan.

Baca juga artikel terkait: KIAT PENTING UNTUK MENGELOLA PERTUMBUHAN KEUANGAN BISNIS ANDA

Penutup
Sebenarnya tidak ada metode budgeting yang “terbaik”, karena apa yang berhasil untuk satu perusahaan belum tentu berhasil untuk perusahaan lain. Itu tergantung pada ukuran perusahaan Anda, keuangan saat ini, garis waktu, dan tujuan.
Setiap metode memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing, jadi temukan satu yang paling sesuai dengan apa yang dibutuhkan bisnis Anda.
Semoga bermanfaat. Dan jika Anda membutuhkan professional keuangan untuk merapikan keuangan bisnis Anda. Kami siap bantu.
Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp