BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

METODE PERHITUNGAN PENYUSUTAN AKTIVA TETAP

Istilah Penyusutan Aktiva (Depreciation of Assets) dalam akuntansi diartikan sebagai pengurangan biaya tercatat dari aset tetap secara sistematis sampai nilai aset menjadi nol atau dapat diabaikan. Contoh aset tetap adalah bangunan, furnitur, peralatan kantor, mesin, dll. Tanah adalah satu-satunya pengecualian yang tidak dapat disusutkan karena nilai tanah akan meningkat seiring waktu. Biaya penyusutan mempengaruhi nilai bisnis dan entitas karena akumulasi penyusutan yang diungkapkan untuk setiap aset akan mengurangi nilai bukunya pada neraca. Beban penyusutan juga mempengaruhi laba bersih. Umumnya biaya dialokasikan sebagai biaya penyusutan di antara periode di mana aset diharapkan akan digunakan. Biaya tersebut diakui oleh bisnis untuk tujuan pelaporan keuangan dan pajak. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Software Accounting Surabaya) akan menuliskan beberapa metode dalam penyusutan aktiva tetap.

Penyusutan sendiri adalah risiko atas penggunaan aktiva tetap. Aktiva akan mengalami penyusutan, mulai dari penyusutan fungsi hingga nilai. Namun, dengan adanya manajemen aset (aktiva), proses controlling penyusutan menjadi semakin mudah. Bukan hanya itu, dengan manajemen aset, anda juga dapat menjaga nilai aset hingga menciptakan manajemen resiko. Berikut ini adalah metode-metode penyusutan aktiva tetap yang biasa digunakan dalam perusahaan.

Metode Penyusutan Garis Lurus
Metode ini merupakan metode yang paling sering dipakai, yaitu dimana beban penyusutan aktiva per tahun akan sama hingga akhir umum ekonomi aktiva tetap tersebut. Metode garis lurus dipakai untuk menyusutkan aktiva yang fungsinya tidak akan berubah oleh besar kecilnya volume produk atau jasa yang dihasilkan seperti bahan bangunan dan peralatan kantor.

Metode Penyusutan Jumlah Angka Tahun
Dalam metode ini, besarnya penyusutan aktiva tetap tiap tahun jumlahnya akan semakin menurun.

Metode Penyusutan Satuan Jam Kerja
Dalam metode ini, beban penyusutan aktiva tetap ditetapkan berdasarkan jumlah satuan produk yang dihasilkan dalam periode yang bersangkutan.

Metode Penyusutan Saldo Menurun Ganda
Metode ini adalah metode penyusustan aktiva tetap yang ditentukan oleh persentase tertentu dihitung dari harga buku pada tahun yang bersangkutan.

Metode Penyusutan Satuan Hasil Produksi
Dalam metode ini beban penyusutan aktiva tetap ditetapkan berdasarkan jumlah satuan produk yang dihasilkan dalam periode yang bersangkutan.

Baca juga : SOLUSI MENGUBAH PEMBUKUAN METODE PENCATATAN AKUNTANSI BERBASIS KAS (CASH BASIC) KE SISTEM SOFTWARE ACCOUNTING YANG TERSISTEMASTIS

Demikian, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, software accounting, software hrd & payroll, atau hal lain tentang pembukuan bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp