BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

METRIK YANG HARUS ANDA PERHATIKAN DALAM PERENCANAAN WARALABA RITEL

Lokasi bisnis ritel bisa dibilang merupakan metrik terpenting dalam hal dampak yang mungkin ditimbulkan oleh sebuah merek. Kehadiran publik, daya tarik pelanggan, dan potensi pendapatan semuanya terkait langsung dengan lokasi bisnis. Apakah Anda seorang pengecer yang ingin memperluas dan mengulangi kesuksesan Anda yang sudah ada atau baru dalam perdagangan dan ingin memaksimalkan usaha baru Anda, Anda harus memahami bahwa perencanaan waralaba ritel sangat penting.
Meskipun terkadang ada nilai dalam memercayai firasat Anda, insting Anda tidak cukup untuk memilih lokasi yang tepat untuk tempat ritel baru Anda. Sebaliknya, Anda harus siap untuk mendukung naluri Anda dengan data keras. Bagaimana tepatnya Anda melakukan ini? Dengan kecerdasan lokasi.
Ada KPI dan metrik tertentu yang dapat membantu Anda membuat keputusan perencanaan waralaba ritel yang lebih cerdas. Beberapa informasi ini dapat ditemukan dalam data pemasaran pelanggan Anda sendiri, sedangkan beberapa mungkin dapat diakses publik. Berikut ini 5 metrik paling penting dalam perencanaan waralaba ritel.

1) Demografi
Demografi lokal, seperti kepadatan penduduk, usia, tingkat pendapatan, dan jenis kelamin, penting dalam memilih lokasi Anda berikutnya. Sederhananya, Anda ingin menempatkan lokasi Anda secara strategis di area di mana prospek yang lewat berpotensi ingin membeli dari Anda.
Pada akhirnya, sifat bisnis Anda akan menentukan jenis demografis yang Anda targetkan. Misalnya, perusahaan pakaian olah raga yang menarik sebagian besar kaum muda mungkin cenderung tidak menarik bisnis di area yang mayoritas penduduknya berusia pensiun. Demikian juga, toko ritel mewah mungkin kesulitan untuk menarik pelanggan di kawasan industri yang dihuni oleh perusahaan yang beroperasi secara eksklusif di sektor B2B.
Periscope® memungkinkan Anda mengidentifikasi lokasi baru yang potensial dengan mengevaluasi data pelanggan yang ada dan membandingkan demografi Anda yang paling menguntungkan dengan informasi terbaru dari sensus Inggris. Dari sini, Anda dapat menyorot lokasi di Google Maps versi perusahaan yang dipersonalisasi dan aman.

2) Pesaing
Meskipun mengidentifikasi lokasi berdasarkan demografi adalah langkah yang cerdas, penting juga untuk mempertimbangkan persaingan yang ada di area tersebut. Jika sudah ada setengah lusin bisnis serupa yang sudah mapan di area ekspansi potensial, Anda dapat mengambil risiko menyebarkan diri Anda terlalu tipis. Sangat penting untuk tidak pindah ke pasar yang terlalu ramai, karena Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mengurangi harga (dan akhirnya keuntungan) hanya untuk bersaing.

3) Aksesibilitas
Banyak dari kita menganggap ruang ritel utama berada di jalan raya – tetapi tidak selalu demikian. Jika ada jaringan transportasi yang memadai (seperti transportasi umum reguler ke dan dari pusat perbelanjaan) atau beberapa gedung perkantoran besar di sekitarnya dengan pekerja yang melewati tempat Anda setiap hari, lokasi potensial Anda bisa menjadi pemenang.

4) Biaya Menjalankan
Bukan hal yang aneh jika lokasi dengan permintaan tinggi dengan kombinasi sempurna antara demografi dan aksesibilitas datang dengan label harga yang mahal. Ambil contoh New Bond Street di London, penuh dengan pengecer mode kelas atas tetapi merupakan jalan termahal ketiga di dunia untuk menyewa ruang ritel.
Pada akhirnya, kesuksesan ritel adalah tentang menyeimbangkan biaya. Dengan menggabungkan data keuangan Anda yang ada dengan data lokasi yang tersedia tentang biaya sewa, Anda dapat memprediksi secara akurat apakah kemungkinan Anda akan mencapai laba atas investasi yang baik.

5) Apa yang Saat Ini Berfungsi Untuk Merek Anda
Layanan pelanggan yang hebat, produk yang fantastis, dan struktur harga yang tepat adalah kunci profitabilitas. Namun, menciptakan kembali kesuksesan ini di area lain tidak sesederhana mengambil merek Anda yang sudah ada dan memindahkannya ke lokasi lain. Sebagai gantinya, Anda harus menilai dan membandingkan kinerja lokasi potensial dengan yang sudah ada dengan berkonsentrasi tidak hanya pada data pelanggan yang ada, tetapi juga pada data lokasi.

Dengan mengevaluasi kinerja lokasi Anda saat ini, Anda dapat memanfaatkan data ini untuk membantu mengidentifikasi area di seluruh negara tempat Anda kemungkinan besar akan meniru kesuksesan yang ada. Semoga bermanfaat.
Dan jika Anda membutuhkan professional konsultan untuk membantu mengoptimasi system manajemen bisnis? Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WA 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp