BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENGALAMAN PENGIRIMAN AKAN MENJADI KUNCI KESUKSESAN RITEL DAN E-COMMERCE DI 2022

Pandemi telah membawa perubahan jangka panjang untuk operasi bisnis dan ekspektasi konsumen. Bisnis terus diuji selama setahun terakhir, terutama pemilik usaha kecil di ritel.
Tapi bukan hanya COVID yang memberi tekanan pada pasar. Para pemimpin bisnis memperhatikan faktor-faktor lain seperti percepatan belanja konsumen dan tantangan ekonomi yang masih ada.
Pengiriman akan terus memainkan peran utama dalam bagaimana ritel (baik kecil maupun besar) melakukan dan memberikan pengalaman pelanggan yang efektif. Berikut ini beberapa kemungkinan kondisi di tahun depan untuk bisnis ritel.

Ketahanan ritel membutuhkan rantai pasokan dan penilaian risiko.
Gangguan rantai pasokan bergerak di depan dan tengah untuk ritel pada tahun 2021, menciptakan kerentanan bagi pemilik usaha besar dan kecil. Karena pembelanjaan konsumen terus meningkat, ritel harus memeriksa bagaimana mereka dapat memperkuat rantai pasokan mereka untuk menghindari masalah seperti persediaan yang rendah dan pengiriman yang tertunda.
Salah satu masalah yang terjadi selama dua tahun terakhir adalah keragaman pemasok. Bisnis yang terlalu bergantung pada satu pemasok atau tidak melakukan diversifikasi lintas geografi yang berbeda berisiko kehilangan jalur pasokan mereka jika terjadi gangguan atau penutupan regional. Misalnya, ritel yang rantai pasokannya satu-satunya dibangun dengan impor dari China menghadapi gangguan luar biasa ketika negara itu menutup ekonominya akibat pandemi. Meskipun mungkin lebih mahal bagi bisnis untuk menyebarkan pemasoknya, biaya itu melindungi mereka dari kemungkinan yang terlalu nyata dari penutupan seluruh negara atau ekonomi.
Ritel pada tahun 2022 perlu mengambil pendekatan proaktif untuk membatasi risiko rantai pasokan dan memeriksa kembali rencana kesinambungan mereka untuk meningkatkan ketahanan rantai pasokan. Kita akan melihat lebih banyak ritel mengambil tindakan untuk mendiversifikasi basis pemasok mereka untuk menghindari pemusatan pemasok mereka di satu negara atau wilayah, sehingga tidak memperlambat waktu pengiriman dan operasi secara keseluruhan dan untuk memungkinkan redundansi.

Baca juga artikel terkait:

6 LANGKAH DALAM MEMULAI BISNIS SUPERMARKET, MINI MARKET DAN RITEL MODERN

Mitra tepercaya akan membantu memenuhi momen Boom e-commerce.
COVID-19 mendorong pertumbuhan besar dalam pasar ritel dan e-commerce, karena pembeli menggunakan pengiriman untuk menavigasi risiko COVID. Sementara risikonya perlahan mereda, akselerasi akan berlanjut di masa depan tetapi dengan kecepatan yang sedikit lebih lambat. Pada tahun 2022, ritel kecil dan menengah perlu mempertimbangkan dengan cermat kemitraan e-commerce mereka. Sementara banyak UKM telah melihat manfaat penjualan melalui platform pihak ketiga, beberapa juga mengalami tantangan seperti persaingan harga yang ketat dan ketergantungan pada perusahaan platform. Mengidentifikasi platform e-commerce yang membantu mereka memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan tidak memengaruhi kekuatan pasar mereka secara negatif dapat membantu memposisikan ritel untuk sukses.

Baca juga artikel terkait:

STRATEGI FORECASTING PENJUALAN RITEL YANG TEPAT

Gig Economy akan membuat pengiriman pada hari yang sama menjadi kenyataan bagi semua orang.
Bahkan sebelum pandemi, semakin banyak konsumen yang menunjukkan minat pada pengiriman ritel dua hari dan di hari yang sama, sehingga mendorong berbagai pilihan pengiriman jarak jauh untuk mewujudkannya. Pada tahun 2022, minat pengiriman pada hari yang sama akan berlanjut, dengan lebih banyak operator yang mengeksplorasi opsi driver bersama dan gig economy untuk mewujudkannya. Saat operator mengeksplorasi dan menguji opsi baru ini, transparansi dan komunikasi di antara operator, pelanggan, dan pemilik bisnis ritel akan menjadi penting untuk kesuksesan jangka panjangnya.

Akhir kata
Saat kita melihat ke depan hingga 2022, pemilik bisnis e-commerce dan ritel akan memiliki segunung peluang baru dalam lanskap yang telah berubah selamanya. Karena ritel terinspirasi untuk beradaptasi dan tetap fleksibel, mereka harus mencari mitra terpercaya, membuat rencana strategis untuk tetap gesit di tengah gangguan rantai pasokan, dan merangkul cara teknologi digital mengubah pengiriman. Pemimpin ritel yang merencanakan ke depan dan memanfaatkan tren yang muncul akan jauh lebih sukses dalam memenuhi tujuan bisnis mereka dan secara signifikan meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan.
Semoga bermanfaat, dan jika Anda merasa strategi pemasaran ritel Anda kurang bekerja baik, konsultasikan saja dengan kami. Mari kita diskusikan strategi terbaik dan benar-benar dapat bekerja untuk ritel Anda. Silahkan hubungi kami DISINI.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp