BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENGERTIAN AKUNTANSI (ACCOUNTING)

Pada kesempatan ini kami software accounting surabaya untuk kota Surabaya, Malang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Denpasar, Palembang, Medan, Makassar, Banjarmasin, Balik papan, serta Samarinda mengulas pengertian accounting.
Pengertian Akuntansi adalah sebagai berikut :
Akuntansi adalah sebagai suatu seni dalam mencatat, menggolongkan, mengikhtisarkan serta menafsirkan transaksi-transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan.

Akuntansi dapat dikatakan memberikan suatu informasi yang berkaitan dengan milik dan hak milik, dan untuk menunjukan bagaimana milik dan hak-haknya dipengaruhi oleh kegiatan perusahaan.

Manfaat Akuntansi sebagai berikut :
Akuntansi dapat memberikan informasi kepada pemilik perusahaan tentang kondisi keuangan perusahaan, sehingga dapat diketahui apakah operasional perusahaan untung atau rugi.
Akuntansi dapat memberikan informasi kepada calon investor tentang kondisi keuangan perusahaan sehingga dapat memutuskan akan melakukan investasi atau tidak.
Akuntansi dapat memberikan informasi kepada petugas pajak tentang laporan keuangan perusahaan, sehingga dapat diketahui kebenaran laporan pajak perusahaan.
Akuntansi dapat memberikan informasi kepada manajemen perusahan tentang laporan keuangan perusahaan, sehingga manajemen dapat memutuskan langkah yang tepat untuk kemajuan perusahaan.

Baca juga : Beberapa tahapan-tahapan tercepat dalam menghitung nilai dari laba bersih usaha anda

Jenis-Jenis Laporan Akuntansi antara lain :
Laporan Neraca
Laporan Neraca akan memberikan informasi tentang harta yang dimiliki oleh Perusahaan, Utang yang menjadi tanggungan perusahaan dan modal yang dimiliki perusahaan.
Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi akan memberikan informasi atas operasional perusahaan apakah mengalami keuntungan atau kerugian.
Laporan Perubahan Modal
Laporan Perubahan Modal akan memberikan informasi tentang perubahan modal perusahaan dalam periode tertentu dan memberikan informasi penyebab terjadinya perubahan modal.
Laporan Arus Kas
Laporan Arus Kas akan memberikan informasi tentang keuangan perusahaan serta kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas dimasa yang akan datang.
Tugas Accounting
Accounting memiliki beragam tugas yang sangat penting, berikut adalah tugas utama accounting :
 Membuat laporan keuangan perusahaan
 Membuat laporan perpajakan perusahaan
 Mengatur administrasi keuangan perusahaan
 Memproses pembayaran gaji bagi karyawan

Itulah penjelasan singkat tentang accounting semoga anda paham dan semoga bermanfaat. Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan pembimbingan mengenai accounting, software accounting dan SOP mengenai accounting, silahkan hubungi kami di 081-252982900. Kami siap membantu anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp