BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENJELASAN SINGKAT TENTANG PENGERTIAN DAN PERSAMAAN ANTARA AKUNTANSI KOMERSIAL (KEUANGAN) DAN AKUNTANSI PERPAJAKAN

Mungkin diantara beberapa akuntan sudah sangat paham jika mendengar adanya istilah akuntansi dan juga akuntansi perpajakan. Kedua istilah tersebut memang lebih sering didengar oleh para praktisi akuntansi dan pajak. Namun, apakah Anda sudah mengetahui dengan pasti bagaimana hubungan diantara keduanya? Sebagian orang akan menganggap bahwa akuntansi hanya seputar proses hitung menghitung laba dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan proses perpajakan, karena akuntansi perpajakan hanya berkaitan dengan urusan pajak pemerintah saja. Padahal sebenarnya akuntansi juga memiliki hubungan yang erat dengan akuntansi perpajakan. Agar Anda tidak sampai memahami hubungan antara akuntansi dengan akuntansi perpajakan, maka simaklah beberapa ulasan dari praktisi software akuntansi berikut ini.

Pengertian Antara Akuntansi dan Akuntansi Perpajakan

Sebelum akan membahas tentang hubungan antara akuntansi dan akuntansi perpajakan, maka ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dan atau hal-hal lainnya dari keduanya. Akuntansi merupakan suatu proses dalam mengidentifikasi, mencatat, dan juga mengklasifikasikan, mengolah, serta menyajikan transaksi-transaksi atau berupa aktivitas-aktivitas keuangan terhadap para pihak yang memang berkepentingan. Akuntansi komersial atau yang disebut dengan akuntansi keuangan merupakan proses penyusunan laporan keuangan yang sudah sesuai dengan peraturan dari standar akuntansi keuangan. Sedangkan, untuk akuntansi perpajakan, yaitu proses untuk penyusunan laporan keuangan yang benar-benar sesuai dengan peraturan undang-undang perpajakan. Sehingga untuk laporan keuangan yang sudah dihasilkan disebut sebagai laporan keuangan fiskal.

Persamaan Akuntansi Komersial dan Akuntansi Pajak

Karena berdasarkan prinsip akuntansi, maka akuntansi komersial dan akuntansi pajak memang memiliki persamaan dan perbedaan. Nah, persamaan antara akuntansi komersial dan akuntansi perpajakan:

1. Karakteristik yang Lebih Kualitatif.

Persamaan pertama antara akuntansi umum dan akuntansi perpajakan, yaitu adanya hubungan dengan karakteristik kualitatifnya. Karakteristik kualitatif antara akuntansi pepajakan dan komersial, yaitu meliputi:

• Relevansi, adapun persyaratan informasi keuangan yang lebih relevan antara lain: Memiliki umpan balik (feedback value), memiliki manfaat yang lebih prediktif (predictive value), tepat waktu dan cukup lengkap.
• Handal, jika informasi: Disajikan secara jujur, dapat diverifikasi, dan juga netral.
• Dapat dibandingkan, informasi padat yang dibandingkan antar periode atau antar masing-masing entitas.
• Dapat lebih dipahami, informasi dapat dengan mudah mampu dimengerti oleh pada penggunanya.

2. Penggunaan Sistem Akrual Basic.

Pada akuntansi komersial, standar akuntansi seperti yang selama ini banyak digunakan, yaitu dengan menggunakan sistem akrual basic. Sama halnya dengan jenis akuntansi komersial, akuntansi perpajakan juga menerapkan sistem akrual. Namun pada akuntansi perpajakan diperbolehkan untuk menggunakan sistem campuran (kas dan akrual), akan tetapi dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang masih berlaku seperti halnya pada pasal 28 UU KUP.

3. Persamaan Neraca.

Laporan keuangan neraca pada akuntansi komersil dan juga akuntansi perpajakan yang sama, yaitu: terdiri dari asset, hutang dan juga modal.

4. Konsep Kesatuan Jenis Pada Bidang Usaha.

Persamaan lainnya adalah dalam hal prinsip-prinsip kesatuan usaha. Akuntansi fiskal dan juga komersial, keduanya menganut prinsip kesatuan usaha yang sama, yaitu berarti adanya pemisahan antara harta atau asset dari pihak pemilik dan juga perusahaan.

5. Prinsip-Prinsip Realisasi.

Selain berupaya untuk menerapkan prinsip-prinsip kesatuan usaha, persamaan lainnya adalah berupa prinsip realisasi. Kedua jenis akuntansi tersebut (akuntansi komersil dan perpajakan), memang sama-sama menerapkan prinsip realisasi, dan juga lain sebagainya.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan persamaan antara akuntansi komersial (keuangan) dan akuntansi perpajakan. Untuk penjelasan lanjutan tentang apa saja perbedaan dari keduanya akan dilanjutkan pada artikel selanjutnya. Apabila para pembaca sekalian membutuhkan konsultasi seputar manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) dan membutuhkan Accounting Software, maka para pembaca sekalian dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu Anda dan sampai bertemu pada pembahasan artikel yang selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp