BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENTINGNYA KPI UNTUK KEBERHASILAN OPERASI BISNIS

KPI yang tepat sangat penting. Cobalah untuk melihatnya sebagai tulang punggung strategi operasi Anda – rambu-rambu yang jelas, menunjukkan apakah strategi operasi Anda berhasil atau tidak. Indikator utama lebih berguna daripada indikator reflektif: KPI utama adalah sesuatu yang berkontribusi untuk menciptakan aliran pendapatan (seperti jumlah unit yang diproduksi atau jumlah panggilan penjualan berkualitas tinggi yang dilakukan). Indikator reflektif mengukur hasil – unit terjual dan konversi terdaftar, misalnya.

Komunikasikan Strategi Operasi Anda Secara Luas
Strategi operasi yang baik harus mencerminkan tujuan SMART bisnis Anda secara dekat. Ini juga harus menjadi sesuatu yang Anda kunjungi kembali, secara teratur, untuk mempertimbangkan dampak pengaruh pasar, harapan pelanggan, tren perilaku pembelian, ketersediaan bahan baku, dan efisiensi rantai pasokan Anda.
Bagikan strategi operasi Anda dengan sebanyak mungkin orang dalam bisnis Anda – ini harus menjadi dokumen yang sangat mudah diakses, memotivasi staf, dan membantu mereka memahami apa yang mereka lakukan dan mengapa. Mintalah umpan balik tentang KPI yang Anda pilih, mintalah karyawan Anda untuk memberi umpan balik pandangan mereka tentang apakah, dari waktu ke waktu, mereka realistis atau tidak. Jika tidak, mengapa tidak? Jika demikian, bisakah mereka diperpanjang? Jelaskan katalis untuk memilih metrik tersebut, mengapa metrik tersebut sangat penting bagi bisnis Anda, dan bagaimana metrik tersebut dapat membantu tim Anda untuk bekerja sama dan mencapai tujuan bersama.
Pentingnya mendapatkan dukungan untuk strategi operasi tidak dapat dilebih-lebihkan. Ketika karyawan Anda memiliki dokumen referensi yang memberi mereka kepercayaan diri, mereka merasa diberdayakan untuk bertindak atas inisiatif mereka sendiri – tentu saja dalam parameter yang terdefinisi dengan baik.
Dorong tim Anda untuk berbagi pandangan mereka tentang strategi operasi Anda, dan berikan informasi tentang bagaimana pekerjaan mereka memengaruhi atau mungkin terpengaruh oleh perubahan apa pun yang Anda inginkan. Dengan strategi operasi yang kuat, bisnis Anda harus ditempatkan dengan baik untuk mengelola sumber daya secara efisien dan mempertahankan tenaga kerja yang termotivasi.

Kesimpulan
Strategi operasi yang kuat dapat membantu bisnis Anda beroperasi dengan sukses. Ini menjelaskan siapa, apa, kapan, dan bagaimana operasi bisnis sehari-hari, menyatukan kolega Anda, dan membantu Anda mengelola sumber daya secara efektif. Dengan mendukung tujuan perusahaan Anda secara keseluruhan dan membuat Anda tetap fokus pada tujuan SMART dan target yang realistis, strategi operasi yang dipikirkan dengan matang akan memudahkan untuk memperkenalkan produk dan layanan baru serta menanggapi permintaan pasar. Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen bisnis, atau membutuhkan konsultan bisnis profesional untuk membantu Anda merapikan manajemen bisnis Anda?? Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp