BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENTINGNYA MEMBUAT ESTIMASI ALIRAN KEUANGAN

Tahukah anda jika aliran keuangan atau arus kas selalu menjadi prioritas dalam bisnis. Bahkan, lebih banyak bisnis kecil gagal karena masalah arus kas daripada karena alasan lain. Arus kas adalah jumlah bersih dari kas yang masuk dan keluar dari bisnis pada waktu tertentu. Jumlah uang yang masuk dan keluar dari bisnis Anda hanya dapat benar-benar dipahami melalui jangka waktu tertentu. Sebagian besar bisnis melacak arus kas mereka setiap bulan. Ketika anda memiliki lebih banyak uang mengalir ke dalam bisnis daripada anda mengalir keluar, anda dianggap arus kas positif. Sangat penting bagi bisnis untuk menjadi arus kas positif, karena dengan begitu anda memiliki uang di bank untuk membayar karyawan anda, membeli persediaan atau bahan baku, menutupi semua biaya operasi, dan lain sebagainya. Jika terdapat istilah arus kas positif, maka juga ada arus kas negatif yabg berarti anda tidak punya cukup uang untuk menutupi pengeluaran bisnis anda. Namun hal ini dapat dihindari dengan membuat prakiraan arus kas sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, kami Tim Groedu (Lembaga Konsultan Software Accounting yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya) akan membahas tentang apa itu dan seberapa penting arus kas dalam bisnis.

Estimasi atau prakiraan arus kas sendiri merupakan model yang memperkirakan posisi keuangan masa depan bisnis anda dari perspektif arus kas dalam mengelola keuangan anda. Saat anda membuat prakiraan arus kas, anda akan menilai arus kas masa depan anda berdasarkan pada pembayaran yang diantisipasi, piutang, serta investasi modal dan pembiayaan utang. Dengan kata lain, prakiraan arus kas adalah cara untuk memastikan bahwa bisnis akan memiliki cukup uang untuk terus beroperasi dan menghindari masalah pendanaan. Ini adalah poin inti dari manajemen keuangan bisnis yang baik untuk bisnis anda.

Dengan adanya estimasi atau prakiraan arus kas akan membantu anda mengelola keuangan bisnis anda dengan baik. Jika bisnis anda memerlukan uang untuk membeli persediaan. Uang itu akan keluar dari rekening bank bisnis anda tetapi dipesan sebagai harga pokok penjualan. Setelah anda menjual persediaan, hal itu ditambahkan ke laporan untung dan rugi. Di sisi lain, jika bisnis anda melakukan penjualan, angka itu tercermin dalam laporan untung dan rugi anda, terkadang tercatat sebagai piutang sampai pelanggan membayar. Laba rugi dan neraca anda membuat laporan arus kas anda, yang kemudian dapat anda proyeksikan ke depan untuk membuat prakiraan arus kas. Dengan kata lain, prakiraan arus kas akan merekonsiliasi laba dan rugi dengan neraca, dan menggunakan asumsi dalam masing-masing dokumen ini untuk memproyeksikan ke depan berapa banyak uang tunai yang akan anda miliki pada titik waktu tertentu. Prakiraan arus kas dapat digunakan untuk berbagai tujuan perencanaan keuangan yang berbeda, termasuk laporan triwulanan, pengurangan bunga dan utang, perencanaan likuiditas jangka pendek, dan penganggaran jangka panjang.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan prakiraan arus kas atau aliran keuangan bisnis.

  • Buat Prakiraan Penjualan
    Prakiraan penjualan adalah proyeksi dari berapa banyak barang yang akan anda jual di masa depan, biasanya dipecah setiap bulan. Dalam Prakiraan penjualan ada beberapa hal yang harus anda perhitungkan, seperti angka penjualan di tahun sebelumnya, setiap produk baru yang mungkin anda jual, campuran penjualan ideal Anda, dan bisnis berita apa pun yang anda harapkan untuk menang.
  • Buat Prakiraan Untung dan Rugi
    Setelah Anda memiliki prakiraan penjualan, anda dapat menggunakannya untuk membuat prakiraan untung dan rugi. Prakiraan ini akan menggabungkan penghasilan bisnis anda dengan biaya sehari-hari dalam bisnis anda. Biaya yang harus diperhitungkan dalam prakiraan laba rugi sudah termasuk bahan baku atau persediaan, gaji karyawan, layanan pihak ketiga seperti perangkat lunak penggajian atau kontrak freelancer, dan biaya operasi umum seperti sewa gedung dan listrik. Ingatlah bahwa Anda perlu mencantumkan biaya pada prakiraan untung dan rugi anda pada bulan dimana saat anda mengeluarkannya, untuk menjaga agar prakiraan anda akurat.
  • Buat Prakiraan Arus Kas Anda
    Dengan adanya prakiraan penjualan dan untung dan rugi anda, anda sekarang siap untuk membuat prakiraan arus kas anda. Untuk memulai, gunakan prakiraan penjualan anda untuk memperkirakan berapa banyak uang yang akan masuk, berhati-hatilah, buat agar seakurat mungkin tentang tanggal ketika uang itu benar-benar akan tersedia. Jika anda berencana untuk mendapatkan suntikan uang tunai dari pinjaman, pastikan juga untuk menuliskannya pada prakiraan arus kas anda. Selanjutnya, kurangi biaya dari laporan untung dan rugi anda, pastikan untuk memasukkan biaya dalam bulan yang anda rencanakan untuk membayarnya. Tambahkan juga pembayaran satu kali yang diantisipasi ke prakiraan arus kas anda, seperti peralatan dan pajak. Kemudian tambahkan semua uang yang dihabiskan setiap bulan, dan kurangi dari uang yang masuk untuk mendapatkan arus kas bersih anda. Akhirnya, terapkan angka ini seolah-olah itu saldo bank anda pada akhir bulan sebelumnya. Kemudian lihat saldo bank anda di akhir bulan berjalan. Jika saldo bank anda menurun dari bulan ke bulan, anda mungkin perlu mengambil pinjaman bisnis untuk menciptakan arus kas positif. Jika naik, mungkin sudah waktunya untuk menginvestasikan kembali sebagian uang itu ke bisnis anda.

Baca juga : Cara Efektif Melakukan Training Software Accounting Di Perusahaan

Demikian artikel dari kami. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami dan semoga membawa manfaat. Jika anda memerlukan info lebih detil tentang artikel diatas, Aplikasi software accounting, Hak akses Fitur Software accounting, Internal Audit & Fraud detection, Analisis Laporan Keuangan, Training Software accounting, Penyusunan Budgeting per Departemen, bisa langsung menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp