BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENTINGNYA PEMBUKUAN DALAM BISNIS SKALA KECIL

Pembukuan diperlukan dalam bisnis apa pun. Sebagai pemilik usaha kecil, penting untuk mengetahui bahwa praktik pembukuan dalam bisnis adalah salah satu langkah terbaik dalam menjalankan sebuah bisnis. Mengikuti prinsip-prinsip akuntansi dasar akan sangat penting dalam keberhasilan bisnis ukuran apa pun. Pencatatan yang cerdas dan analisis keuangan adalah kunci Pengeluaran anda. Akuntansi mensyaratkan lebih dari sekadar mengelola kredit dan debet, dan itu lebih sering berperan dalam keputusan bisnis sehari-hari lebih dari yang anda sadari. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Software Accounting yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan menuliskan pentingnya pembukuan dalam bisnis, tak terkecuali bisnis skala kecil dan menengah. Berikut manfaat dari pembukuan.

  • Memantau dengan cermat piutang usaha anda untuk menggambarkan tren atau perilaku di basis pelanggan anda. Ini juga dapat mengurangi biaya yang anda keluarkan dengan mengejar pembayar yang terlambat.
  • Menetapkan anggaran terperinci untuk membantu menemukan ketidakefisienan dalam operasi anda.
  • Perubahan mendadak dalam biaya vendor atau pendapatan penjualan dapat mengingatkan anda akan perubahan industri yang penting.
  • Memahami posisi keuangan anda untuk menemukan area masalah yang dapat mengganggu pinjaman yang diperuntukkan untuk ekspansi.

Ketika anda mempertimbangkan strategi akuntansi anda, tinjau tujuan keuangan perusahaan anda. Apakah anda seorang pengusaha solo atau anda memiliki staf, kelangsungan hidup anda bergantung pada tujuan keuangan yang dinyatakan dengan jelas. Anda mungkin berada dalam bisnis untuk meraup untung sebanyak mungkin, atau anda mungkin tertarik berbagi produk atau layanan yang anda yakini. Bagaimanapun, para ahli sepakat bahwa salah satu alasan paling umum kegagalan bisnis kecil adalah karena arus kas berjalan kering. Untuk mencegah bencana ini, bisnis anda harus menerapkan kebijakan untuk pencatatan yang efisien dan strategi keuangan yang sehat. Jika anda belum memiliki pelatihan formal dalam bidang akuntansi atau lebih tertarik pada aspek-aspek lain dari bisnis anda, maka strategi yang tepat untuk masa depan perusahaan anda adalah dengan metode akuntansi profesional. Ini terutama benar jika anda terlalu sibuk atau tidak tertarik pada detail seluk-beluk untuk menganalisis angka-angka. Pada tahap ini, usaha kecil yang sukses mempertimbangkan outsourcing kebutuhan akuntansi mereka atau berinvestasi dalam perangkat lunak akuntansi.

Baca juga : SOLUSI MENGUBAH PEMBUKUAN METODE PENCATATAN AKUNTANSI BERBASIS KAS (CASH BASIC) KE SISTEM SOFTWARE ACCOUNTING YANG TERSISTEMASTIS

Demikian artikel dari kami, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, informasi accounting outsourcing, atau training accounting dan finance. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp