BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENYEBAB PRODUK BARU PRODUK GAGAL DI PASARAN

Kembali lagi bersama kami Konsultan Manajemen Groedu International Consultant. Masih ingatkan pembaca mengenai artikel sebelumnya dengan penyebab produk baru produk gagal di pasaran. Berikut dibawah ini penjelasan strategi agar dapat menghindarinya.

Periklanan yang tidak optimal
Tim sales dapat diartikan sebagai ujung tombak perusahaan. Ketika mereka salah sasaran dalam memasarkan produk, resiko terbesar yang akan diterima perusahaan ialah tidak laku. Meski produk berkualitas, multi fungsi, awet dan tahan lama.
Oleh karena itu sebagus apapun produk anda tetapi jika tidak diimbangi dengan strategi marketing yang jitu maka produk anda akan gagal di pasaran.
Idealnya dalam beriklan para pembaca perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini :
– Buat elemen kreatif
Elemen kreatif dapat berupa maskot, logo, warna, jenis huruf, bahkan theme song atau yang lainnya yang berhubungan dengan branding / merek dagang. Dalam beriklan juga perlu menjaga konsistensi yang artinya bahwa tetap menjaga agar konsumen mudah mengingat produk anda.

– Lakukan riset pasar
Beberapa manfaat dari riset pasar ialah
– Pelaku usaha kedepannya akan mendapatkan informasi terkait dengan calon pelanggan nantinya. Setelah mendapatkan informasi tentang pelanggan selanjutnya pelaku usaha akan mendapatkan cara berkomunikasi dengan mereka.
– Salah satu keunggulan dari riset pasar yakni periset mampu memetakan potensi pasar.
– Karena informasi mengenai pasar sudah anda dapatkan hal ini berguna untuk mengurangi / meminimalkan resiko pada bisnis anda.
– Riset pasar juga mampu mengukur tingkat reputasi perusahaan anda. Apakah perusahaan anda merupakan pesaing yang ditakuti atau malah sebaliknya. Dengan melakukan riset pasar anda dapat membangun persepsi pada para pesaing dan pelanggan.
– Informasi yang didapatkan mampu digunakan sebagai pengidentifikasian masalah yang ada di pasar. Sehingga ketika masalah tersebut datang usahakan anda telah siap dengan berbagai konsekuensi dan cara penanganan masalah itu.
– Riset pasar juga berfungsi sebagai alat untuk memproyeksi rencana kedepan.
– Data yang anda dapatkan melalui riset pasar secara terus menerus akan membuat anda memahami kondisi pasar. Sehingga ada potensi bagi anda untuk menciptakan tren produk / jasa.
– Riset pasar juga mempunyai fungsi seberapa berpengaruhnya perusahaan anda di wilayah kompetisi. Dengan kata lain riset pasar memiliki andil dalam proses benchmarking
– Ketika anda melakukan riset pasar, anda akan mendapatkan berbagai macam cara pesaing mengelola perusahaannya. Sehingga melalui riset pasar anda dapat belajar dari keberhasilan pesaing anda.
– Melalui riset pasar anda juga melakukan kompromi. Kompromi yang anda lakukan penting untuk membangun persepsi anda. Misal kompromi dengan para pesaing dan konsumen anda.

– Bijaksana memilih platform
Bijak sana dalam memilih platform dimana iklan anda akan diletakkan akan menjadi salah satu cara agar dapat membuat iklan tersebut mudah terlihat oleh target anda yang tentunya konsumen dengan kriteria tertentu.

Beberapa platform periklanan yaitu : WeChat marketing, Snapchat geofilters, Pinterest adverstisements, Target psikografis, Facebook, Konten video, Konten iklan, Pemasaran konten eksternal, Iklan panggilan via AdWords, iklan yang berpengaruh, Instagram ads.

– Hubungkan Metrik Media Sosial dengan ROI
Iklan merupakan salah satu alat investasi, maka untuk mengukur efisiensi iklan anda anda dapat mengukurnya dengan menggunakan ROI.

Jangan terlalu senang ketika promosi anda mendapat like atau share dari pengguna media sosial, hal tersebut tidak selalu dapat dihubungkan dengan pembelian. Oleh karena itu, menghubungkan metrik sosial dengan ROI begitu penting untuk menganalisa konsumen yang memengaruhi omzet.

– Berikan penawaran menarik
Setiap konsumen akan sangat senang apabila mereka mendapatkan tawaran menarik dari penjual. Beberapa penawaran yang dapat anda berikan yakni potongan harga, percobaan gratis, gratis ongkos kirim.

– Utarakan Tentang Manfaat
Dengan menjelaskan fitur dan keunggulan produk-produk anda maka diharapkan pembeli akan tertarik untuk tetap memerhatikan produk anda, penjelasan anda. Secara logika konsumen akan tertarik jika mereka mendapatkan manfaat dari produk yang anda tawarkan.

– Gunakan urgensi
Ketika anda melihat konsumen berniat membeli produk anda, seketika anda perlu mendorong mereka untuk melakukan pembelian bukan nanti. Boleh jadi ketika mereka berniat membeli namun menangguhkannya mereka tentu saja akan melupakan promosi anda.

Misalnya anda dapat memberikan tawaran potongan harga dengan nilai tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut cukup membuat mereka bersemangat melakukan pembelian.

– Gunakan Testimoni
Testimoni merupakan salah satu cara dalam membangun kepercayaan dan ketertarikan konsumen pada perusahaan anda. Ketika pada konsumen mengunjungi lapak anda ada kekhawatiran di benak mereka terkait dengan produk yang anda tawarkan. Dengan menunjukan testimoni dari pengguna produk anda sebelumnya.

Testimonial dapat berupa ulasan pengguna sebelumnya ketika mereka menggunakan produk anda. Hal ini akan membuat para konsumen terdorong untuk mencobanya.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai strategi distribusi untuk me-launching produk baru. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen pemasaran Omni Channel, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) Marketing dan butuh Accounting Software untuk penjualan, pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp