BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERAN AI DALAM MENGATASI TANTANGAN PENJUALAN DISTRIBUTOR PRODUK B2B

Evolusi model penjualan merupakan kebutuhan konstan bagi distributor produk B2B. Di masa lalu, saat berbicara dengan pembeli, wiraniaga digunakan untuk mengontrol percakapan dengan mengatur arus informasi. Namun kini, kendali itu telah beralih ke pembeli.
Perubahan metode komunikasi, lingkaran pengaruh, dan akses informasi telah memberdayakan mereka untuk tumbuh lebih cerdas. Mereka bukan lagi pendengar yang diam, mereka mendapat informasi yang baik dan dengan demikian mereka adalah pengambil keputusan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa sebelum siap berbicara dengan seorang salesman, para pengambil keputusan, rata-rata, cenderung mengonsumsi lima konten untuk mencerahkan diri mereka sendiri dengan informasi.
Tidaklah salah untuk mengatakan bahwa pembeli pembuat keputusan zaman modern sangat mengenal teknik penjualan tradisional, dan telah mengembangkan semacam ketidakpercayaan terhadapnya. Namun, sebagian besar, dasar-dasar penjualan yang tak lekang oleh waktu yaitu penilaian prospek, menemukan prospek, menciptakan minat, berkomunikasi secara efektif, dan meminta penjualan, tetap konstan dan akan terus menjadi pilar penjualan modern juga.
Tapi, ya beberapa hal telah berubah, yang paling penting perilaku pembelian konsumen telah berubah dan tidak perlu dikatakan lagi bahwa teknologi adalah salah satu faktor utama yang telah memicu perubahan ini dan secara radikal mengubah tren, harapan, dan permintaan konsumen. Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana komunitas penjualan, termasuk proses penjualan, tenaga penjualan, dan manajemen penjualan, dapat mengatasi perubahan ini?

Saatnya Untuk Beradaptasi Dengan Dunia Baru Kecerdasan Buatan
Jika kemajuan teknologi telah mengubah perilaku pembelian konsumen, juga benar bahwa ia telah mengungkapkan jenis kapasitas fin-tech yang belum pernah ada sebelumnya yang dengan adopsi yang tepat dapat membantu distributor B2B untuk cepat beradaptasi dan memenuhi permintaan dan harapan pembeli mereka. Intinya adalah untuk memahami tantangan dalam proses penjualan dan manajemen penjualan mengingat dinamika perubahan perilaku pembelian konsumen zaman baru.

Beberapa tantangan utama yang dialami oleh para pemimpin penjualan produk B2B adalah:

  • Profil Pelanggan– Sebagian besar bisnis memiliki basis data berbasis volume, bagaimana membuatnya didorong oleh kualitas?
  • Produktifitas– Apakah setiap tenaga penjualan dalam tim cukup produktif, atau bisnis bulanan hanya dihasilkan dari pekerjaan berat yang dilakukan oleh orang-orang yang berkinerja terbaik saja?
  • Visibilitas- Apakah tim penjualan mengadopsi model penjualan dengan benar? Apa kegiatan mereka sehari-hari; apakah itu yang didokumentasikan di lembar waktu mereka? Apa status lead tertentu? Berapa ukuran kesepakatan terbaik dalam jalur penjualan?
  • Kegiatan Inti- Seperti yang ditunjukkan oleh data, apakah staf penjualan tidak dapat memanfaatkan waktu mereka dengan benar, di mana 14,8% waktu mereka digunakan untuk tugas administratif, 20,4% dihabiskan untuk kegiatan sosial, dan hanya 35,2% waktu yang didedikasikan untuk penjualan aktual.

Sepintas, dapat diamati bahwa distributor B2B membutuhkan wawasan yang lebih berdasarkan data tentang proses penjualan mereka untuk mengatasi tantangan ini. Setiap aspek manajemen penjualan mulai dari penilaian prospek hingga profil pelanggan, regulasi kinerja dan produktivitas hingga manajemen tenaga kerja penjualan, dapat ditingkatkan dengan wawasan data yang lebih baik. Kecerdasan Buatan memang merupakan cara baru untuk menangani data.

Baca juga Artikel:

PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE YANG MERUBAH KEADAAN RITEL

Bagaimana Kecerdasan Buatan Dapat Membantu Mengatasi Tantangan dan Meningkatkan Penjualan?
Dalam Penjualan B2B, kecerdasan buatan dapat digunakan melalui alat penjualan zaman baru seperti perangkat lunak manajemen Penjualan Lapangan, CRM, atau ERP. Sistem ini dilengkapi dengan fitur penambangan data otomatis dan pembelajaran mesin. Sistem berkemampuan AI ini cerdas dan dapat melengkapi proses penjualan dengan kapasitas seperti:

  • AI membantu dengan penilaian prospek yang akurat dengan memfasilitasi otomatisasi dan analisis prediktif data penjualan yang membantu menciptakan persona pembeli yang terdefinisi dengan baik berdasarkan usia, demografi, latar belakang perusahaan, dll.
  • Basis data sangat besar dan membangun basis data berbasis kualitas berarti menyaring lautan data. Alih-alih mengaduk-aduk lautan untuk mendapatkan informasi, AI dapat membantu menentukan bagaimana dan dari mana mengumpulkan data yang tepat, dengan mengotomatiskan proses pengumpulan data penjualan.
  • Alat manajemen penjualan lapangan berkemampuan AI sangat berharga dalam menambah wawasan tentang penataan tim penjualan. Ini membantu mempersiapkan kuota penjualan yang lebih akurat, mengoptimalkan wilayah penjualan, merevisi persyaratan kepegawaian, menyelaraskan kembali kebijakan penjualan dan kompensasi.
  • Analisis AI dapat mengungkapkan kebutuhan pelanggan, bagaimana mereka berhubungan dengan produk atau layanan tertentu dan karenanya membuat rekomendasi yang tepat dan akurat seperti strategi penetapan harga, jam kunjungan pelanggan yang ideal, kapan harus menutup penjualan, menyarankan KPI penjualan untuk staf penjualan, dll.
  • Kecerdasan buatan adalah cara cerdas untuk mengambil alih tugas administratif biasa dan berulang yang menghabiskan banyak waktu tim penjualan; tugas-tugas seperti penjadwalan janji temu, alokasi tugas, swalayan, pelaporan, dll.

Kesimpulan
Evolusi model penjualan hanya pada komunitas penjualan. Alat penjualan seperti CRM, ERP, perangkat lunak manajemen penjualan lapangan, riset pasar, dan sumber lainnya telah membuat komunitas penjualan kaya dalam hal data. Tapi itu data mentah, dan perlu diubah menjadi intelijen dan kemudian data dapat membantu dalam meningkatkan penjualan secara luar biasa. AI bisa mewujudkannya. Dengan demikian, ini adalah waktu puncak bagi distributor produk B2B untuk mengadopsi kecerdasan buatan dalam proses penjualan mereka.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp