BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERAN SISTEM BIAYA KERJA DALAM PERUSAHAAN

Semua bisnis pasti akan sangat bergantung pada pengaturan keuangan. Inilah yang membuat akuntansi sangat penting untuk setiap perusahaan terlepas dari seberapapun ukurannya. Salah satu tantangan utama yang dihadapi banyak bisnis dalam hal keuangan adalah menentukan titik harga yang tepat untuk produk dan layanan mereka. Jika anda serorang pebisnis, maka andapun pasti pernah merasakannya juga. Mencari tahu persis berapa banyak biaya untuk pekerjaan anda adalah proses yang sulit dan yang dapat memiliki dampak besar pada kesuksesan anda. Untungnya, ada sistem dan alat yang dapat membantu anda memperbaiki proses dan mendarat pada titik harga yang menarik pelanggan anda. Salah satu alat untuk menentukan harga adalah sistem penetapan biaya pekerjaan. Pada kesempatan kali ini tim GroEdu (Konsultan Software Accounting Surabaya) akan membahas tentang apa itu Sistem Biaya Kerja.

Sistem Biaya Kerja atau sistem penetapan biaya pekerjaan, merupakan sistem yang dibuat untuk mempermudah anda dalam mengambil biaya yang diketahui dari layanan apa pun yang disediakan perusahaan dan memperkirakan biaya proyek di masa mendatang berdasarkan spesifikasi proyek. Biaya pekerjaan sangat berguna untuk bisnis dengan layanan atau produk yang bervariasi dan dalam biaya tergantung pada spesifikasi pelanggan. Misalnya, kontraktor bangunan mungkin bekerja dengan klien untuk memenuhi harapan spesifik untuk produk jadi. Setelah detail diketahui, kontraktor akan menggunakan sistem penetapan biaya pekerjaan untuk memperkirakan biaya membangun rumah yang ditentukan oleh pelanggan. Biaya pekerjaan akan mencakup tiga aspek utama dalam perkiraan biaya yaitu bahan, tenaga kerja, dan biaya overhead.

Biaya Bahan
Bahan untuk rumah akan tergantung pada seberapa besar rumah yang diinginkan, jenis bahan apa yang diminta, dan bahkan di mana rumah itu akan dibangun. Beberapa daerah mungkin memerlukan bahan khusus karena faktor lingkungan. Selain itu, biaya bahan yang berbeda dapat bervariasi berdasarkan di mana mereka dibeli dan seberapa sulit mereka untuk diangkut ke tempat kerja.

Biaya Tenaga Kerja
Biaya tenaga kerja dapat dengan mudah didasarkan pada hal-hal yang jelas, seperti jumlah orang yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan jam yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Lokasi pekerjaan juga dapat memengaruhi biaya tenaga kerja dengan mengharuskan anda menyediakan transportasi dan kemungkinan tempat tinggal bagi para pekerja. Selain itu, anda mungkin perlu merekrut pekerja lokal sebagai gantinya. Undang-undang dan pajak tenaga kerja dapat bervariasi tergantung pada lokasi juga.

Biaya Overhead
Overhead adalah satu-satunya biaya yang paling tidak mungkin berubah secara drastis, tergantung pada spesifikasi pekerjaan. Biaya manajemen perlu dipertimbangkan untuk menentukan biaya pekerjaan, tetapi ini biasanya tidak terlalu berfluktuasi. Itu tidak berarti biaya overhead tidak berubah sama sekali. Biaya overhead dapat bervariasi dari satu bangunan rumah ke bangunan rumah yang lain dan juga akan terjadi penyusutan pada peralatan milik perusahaan karena mungkin tidak setiap pekerjaan akan membutuhkan buldoser atau derek. Biaya penjualan dan pemasaran juga dapat berubah dari pekerjaan ke pekerjaan tergantung pada bagaimana perusahaan mendaratkan kliennya.

Baca juga : Software Accounting Tersistematis

Demikian artikel tentang sistem biaya kerja. Terimakasih atas kunjungannya anda ke website kami dan semoga dapar bermanfaat bagi anda. Jika anda menginginkan info lebih detil tentang artikel diatas, info software accounting, system payroll, atau membutuhkan pembimbingan mengenai set up Distributor, pembuatan SOP distributor, software HRD dan Payroll, software distributor, bisa langsung menghubungi groedu@gmail.com atau kontak kami langsung di 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp