BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERBANDINGAN PENGGUNAAN SISTEM DAN CARA KERJA DARI SOFTWARE ACCOUNTING BERBASIS ONLINE DAN TRADISIONAL (OFFLINE DEKSTOP)

Perkembangan aplikasi atau software yang berbasis online, untuk saat ini sudah mulai menjadi sebuah tren yang begitu booming dan sudah mulai banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, khususnya yang memiliki budged besar dengan tingkat kompleksitas yang begitu tinggi serta membutuhkan adanya pengawasan serba extra dengan jalan mobile (online) seperti halnya perindustrian manufaktur, perusahaan ekspor-impor, jasa shipping (jasa ekspedisi) baik itu adalah berupa transportasi darat dan laut dan lain sebagainya.

Berbagai macam bidang di dalam sebuah perusahaan mulai menerapkan sistem yang berbasis cloud service dalam menjalankan memperlancar segala kegiatan usahanya seperti: internal manajemen, HRD, keuangan (finance/accounting) dan lain sebagainya. Khusus untuk bidang keuangan dan akuntansi, software akuntansi online (berbasis cloud) sendiri bukanlah sebagai barang baru. Software akuntansi online memang sengaja dipilih karena memiliki banyak sekali keunggulan-keunggulan jika dibandingkan dengan software akuntansi tradisional (dekstop).

Lalu yang menjadi tanda tanya adalah, seperti apa dan bagaimana alur proses dari penggunaan software akuntansi berbasis online ini? Berikut ini adalah beberapa penjelesannya secara umum.

• Cara Kerja dari Software Akuntansi Online (Berbasis Cloud).

Software akuntansi online dari sisi pengoperasian untuk siklus transaksi pada dasarnya hampir seperti software akuntansi tradisional (dekstop) pada umumnya. Perbedaannya adalah, software akuntansi online menggunakan remote server hosting. Cara kerjanya juga lebih sederhana, pengguna hanya perlu memasukan data kedalam server (awan) atau cloud, dan data tersebut akan segera terproses dan akan ditampilkan kembali kepada pengguna. Semua prosesnya hanya dapat dilakukan secara online saja.

Sifat dari penggunaan software akuntansi berbasis online (cloud) sangat ringan dan masih dapat digunakan pada berbagai macam jenis gadget kapan saja dan dimana saja mereka inginkan. Pengguna juga tidak perlu lagi dipusingkan dengan jalan memasang software secara permanen hanya dari dalam satu laptop dan gadget. Dengan menggunakan software akuntansi berbasis online, pengguna sudah bisa mengontrol kinerja dan laporan keuangan dari beberapa departemen atau beberapa kantor cabang. Dengan cara menggunakan software akuntansi berbasis online, maka pengguna juga akan dapat memasukan data dan mengetahui laporan keuangan secara real time dari berbagai departemen dan kantor cabang kapan dan dimana saja selama terdapat internet.

• Perbedaan Antara Software akuntansi online (Cloud) dengan Software Akuntansi Tradisional (Dekstop).

Terdapat beberapa perbedaan yang sangat mendasar antara software akuntansi online dengan software akuntansi desktop atau tradisional.

1. Software akuntansi online termasuk lebih fleksibel. Dengan menggunakan software akuntansi seperti ini, data akuntansi akan dapat diakses kapan dan dimana saja, dengan syarat jika terdapat koneksi internet yang stabil. Sedangkan untuk software akuntansi offline, Anda hanya dapat menginput data dari komputer yang sudah terpasang software tersebut saja, namun (tidak semua) dari software tradisional seperti itu, beberapa diantaranya masih dapat input dengan cara online, akan tetapi dengan syarat jika sudah terpasang software desktop tersebut dan terdapat fasilitas sinkronisasi data via online.
2. Software akuntansi berbasis online memiliki keunggulan untuk dapat melakukan update dan pelaporan data akuntansi secara real time sesaat setelah data dimasukan.
3. Manfaatnya bagi perusahaan adalah jika dengan menggunakan software akuntansi berbasis online, maka akan mengurangi biaya upgrade software setiap kali versi terbaru dari software sudah resmi dirilis. Perusahaan hanya cukup berlangganan secara hosting dan membayar sekali saja setiap periode tertentu (bulanan/tahunan). Biaya ini sudah termasuk dengan maintenance, update dan juga upgrade dari fitur-fitur terbaru.

• Bagaimana Jaminan Keamanan Data Ketika Menggunakan Software akuntansi online?

Software akuntansi online memberikan jaminan sistem keamanan yang terbaik, bahkan jauh lebih baik daripada sistem keamanan yang dimiliki oleh software akuntansi tradisional (dekstop). Menggunakan software akuntansi tradisional memiliki resiko untuk kehilangan atau kerusakan data apabila device atau computer/laptop yang terpasang software tersebut rusak/hilang. Kemungkinan data juga bisa saja tercuri apabila komputer milik Anda telah dicuri atau dibajak oleh orang lain. Namun, akan lain ceritanya jika menggunakan software akuntansi yang sudah berbasis online. Data Anda akan tetap aman karena sudah tersimpan di dalam sistem server cloud. Akses untuk dapat masuk ke dalam sistem cloud juga terkunci dengan password yang sudah diset oleh penggunanya. Dengan demikian data akan tetap lebih aman pada server cloud.

Bagaimana jika software akuntansi tersebut berusaha untuk dibobol? Keamanan server dari software akuntansi berbasis online sudah didukung dengan sistem keamanan yang selalu terupdate setiap harinya. Perusahaan penyedia software akuntansi ini juga sama sekali tidak mengetahui tentang data apa yang telah Anda masukan. Data Anda juga akan selalu di-back-up secara otomatis untuk memastikan keamanan dan keselamatan dari data jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

• Kesimpulannya adalah:

Software akuntansi berbasis online adalah sebuah terobosan terbaru dalam dunia akuntansi. Software ini memiliki keunggulan yang jauh yang lebih baik jika dibandingkan dengan software akuntansi tradisional (dekstop). Selain lebih ringan dan cukup mudah untuk digunakan, software akuntansi ini juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Sebuah perusahaan biasanya hanya akan berlangganan dalam kurun waktu tertentu saja dengan biaya tertentu (biaya berlangganan). Biaya tersebut juga sudah termasuk didalamnya update dan upgrade dari hosting penyedia software tersebut.
Apabila pembaca membutuhkan software accounting, baik on line maupun off line silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 atau 081-8521172. Tim Konsultan kami siap membantu!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp