BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERBEDAAN DAN UNSUR-UNSUR ARUS KAS METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

Laporan dari arus kas yang menggunakan metode secara langsung merupakan metode berupa pembuatan Laporan Arus Kas yang mana berbagai informasi seputar arus kas aktual (basic kas), alih-alih jika informasi akrual dari komponen arus kas aktivitas operasional perusahaan yang selama ini sudah banyak digunakan.

Laporan dari arus kas yang sebelumnya telah disajikan dengan menggunakan metode langsung sangat mudah untuk bisa dibaca, karena laporannya juga telah mencantumkan semua penerimaan dan pembayaran kas terhadap objek-objek tertentu selama masa periode berjalan. Dengan kata lain, laporan dari arus kas yang menggunakan metode langsung akan mencantumkan dari dan kepada siapa saja arus kas tersebut akan masuk dan keluar berasal.

Setelah semua sumber-sumber dari arus kas tersebut sudah tercatat, maka total pembayarannyalah yang kemudian akan dikurangkan dari penerimaan kas dan untuk menghitung arus kas bersih dari berbagai macam aktivitas-aktivitas operasional. Kemudian total dari seluruh nilai bersih dari arus kas dari kegiatan investasi dan pendanaan juga bisa diitambahkan untuk mendapatkan nilai kenaikan atau penurunan kas bersih perusahaan.

Perbedaan Antara Arus Kas Metode Langsung Dengan yang Tidak Langsung

Laporan dari arus kas metode tidak langsung bertujuan untuk menghitung pergerakan arus kas dari berbagai aktivitas operasional dengan cara menggunakan informasi-informasi akuntansi akrual dan akan selalu dimulai dengan nilai laba bersih. Nilai dari laba bersih yang kemudian akan disesuaikan dari berbagai macam perubahan dalam akun asset dan juga kewajiban dari laporan neraca. Perbedaan tersebutlah yang nantinya akan semakin menambah atau mengurangi nilai dari laba bersih agar bisa mendapatkan nilai dari arus kas berbagai aktivitas operasional perusahaan.

Sedangkan untuk penggunaan metode langsung, maka satu-satunya bagian terpenting dari laporan arus kas yang masih terlihat lebih berbeda dalam hal penyajiannya adalah pada setiap masing-masing bagian dari arus kas dalam berbagai aktivitas operasional perusahaan. Metode langsung hanya akan mencantumkan berapa banyak total penerimaan kas dan juga brapa banyak pembayaran yang selama ini sudah dilakukan selama periode operasional yang masih berjalan.

Unsur-Unsur Umum yang Terdapat Dalam Komponen Laporan Arus Kas Metode Langsung

Berikut ini merupakan beberapa daftar tentang jenis-jenis penerimaan kas dan juga pembayaran yang paling sering digunakan dalam format berupa metode langsung:

1. Penerimaan Kas dari para pelanggan-pelanggan perusahaan.
2. Pembayaran/Pembelian kepada para pemasok.
3. Pembayaran kepada karyawan berupa (Gaji Pokok Karyawan).
4. Pembayaran bunga dan juga pajak.
5. Pembayarn Kas dari setiap pembelian asset tetap sebagai penunjang operasional perusahaan.
6. Penerimaan kas dari para penerbitan saham perusahaan.
7. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti yang sudah Anda lihat sebelumnya, bahwa untuk daftar pembayaran dan penerimaan tersebut akan lebih banyak memberikan para pengguna dari laporan keuangan cukup informasi-informasi penting tentang dari mana saja sumber-sumber penerimaan dan kepada siapa saja pembayarannya tersebut akan dilakukan.

Hal ini merupakan salah satu keunggulan terpenting dari penggunaan metode langsung apabila dibandingkan dengan penggunaan metode yang tidak langsung. Investor, kreditur, dan pihak manajemen sendiri akan dapat benar-benar melihat dari mana saja perusahaan telah mampu mengumpulkan dana dan terhadap siapa saja perusahaan tersebut harus membayar dana. Namun sayangnya, penggunaan metode yang tidak langsung ini tidak mencantumkan sampai dengan se detail informasi tersebut. Apabila para pembaca sekalian membutuhkan konsultasi seputar manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) dan membutuhkan Accounting Software, maka para pembaca sekalian dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu Anda dan sampai bertemu pada pembahasan artikel yang selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp