BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERKIRAAN TEKNOLOGI AKUNTANSI DIMASA DEPAN UNTUK PEMIMPIN BISNIS

Penggunaan otomatisasi dalam akuntansi tidak akan menggantikan peran akuntan Anda. Itu hanya akan membuat mereka mampu memberikan performance lebih baik daripada tanpa adanya otomatisasi.

Teknologi Memberdayakan Para Profesional Keuangan
Bisnis semakin mengadopsi penggunaan kecerdasan buatan, teknologi blockchain, dan alat otomatisasi proses robotik untuk berbuat lebih banyak.
Orang-orang dalam keuangan perusahaan tidak akan digantikan oleh robot. Sebaliknya, tugas mereka yang paling membosankanlah yang akan diganti. Dengan cara yang sama, rekan perbankan (teller) tidak tiba-tiba menjadi pengangguran ketika ATM diadopsi, akuntan juga tidak akan menjadi pengangguran. Namun, banyak dari tugas mereka yang paling membosankan dan biasa-biasa saja diotomatiskan, dan itu adalah sesuatu yang patut untuk diberikan respon baik.
Dengan otomatisasi, profesional akuntansi dapat menerapkan kreativitas mereka pada teka-teki strategis, bukan hanya administrasi tugas.
Kami melihat ini di mana-mana hari ini. Ambil contoh, penyedia solusi otomatisasi penggajian, Gusto. Perusahaan tidak lagi beriklan untuk mengesahkan akuntan sebagai administrator penggajian, tetapi sebagai penasihat.
Mengapa? Karena porsi administrasi penggajian yang biasanya manual kini sudah diotomatiskan. Sekarang sebagai penasihat, mereka dibebaskan untuk melakukan banyak hal yang relevan, dan permintaan mereka lebih tinggi karena mereka adalah “Penasihat Bisnis Utuh”.
Akuntansi Dipisahkan Dan Dijalin Menjadi Operasi
Tren lain yang kami lihat adalah CFO semakin banyak terlibat dalam aspek operasional dalam menjalankan bisnis mereka. Ini adalah salah satu dari sedikit tren yang dipercepat oleh pandemi yang sedang berlangsung. Masa depan akuntansi terkait dengan masa depan operasi, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan.
“Bagaimanapun juga, CFO adalah pemimpin yang paling langsung berkontribusi pada kesehatan keuangan perusahaan dan ketahanan organisasi,” tulis analis McKinsey tentang perubahan tersebut. Departemen keuangan tidak hanya mendukung atau bahkan memengaruhi operasi akhir-akhir ini – tetapi juga memimpinnya. Konsultan manajemen McKinsey juga melaporkan bahwa 44% CFO yang disurvei mengatakan bahwa internal leaders of organizational transformation initiatives melapor langsung kepada mereka, bukan kepada CEO. Faktanya, jumlah fungsi bisnis keseluruhan yang melapor ke CFO telah meningkat 50% sejak 2016.
Sebagai pemimpin bisnis, apa yang Anda pilih untuk dilakukan dengan informasi ini memiliki konsekuensi. Menurut penelitian terbaru dari McKinsey, penerapan tren ini menentukan perusahaan mana yang bersiap menghadapi krisis, memotong biaya paling cepat, dan secara agresif beralih ke pelanggaran saat tanda pertama pemulihan. Pakar keuangan membantu mengoptimalkan semua biaya dalam kapasitas yang berkelanjutan. Dan kami berharap tren ini tidak hanya berlanjut tetapi juga meningkat.

APA ARTI PERUBAHAN INI BAGI PEMILIK DAN PEMIMPIN BISNIS
Saat Anda mempertimbangkan tren ini, ada beberapa hal yang dapat dan harus Anda terapkan.

  1. Mulailah outsourcing untuk menghemat uang, lanjutkan outsourcing untuk menambah nilai. Tren terakhir – meningkatnya pola outsourcing. Nah, tren itu juga akan semakin cepat. Dan Majalah Gibraltar memprediksi bahwa meskipun penghematan biaya akan selalu menjadi salah satu alasan bisnis melakukan outsourcing akuntansi, nilai tambah dari layanan konsultasi strategis akan mendorong tren lebih jauh. Itu karena semakin banyak pelanggan akuntansi yang dialihdayakan menyadari manfaat yang lebih tahan lama selama berbulan-bulan dalam kemitraan, lama setelah mereka melihat pemotongan biaya dan peningkatan pendapatan yang khas.
  2. Pemilik bisnis sekarang membutuhkan nasihat yang lebih strategis dari sebelumnya. Jika pemilik bisnis ingin menerapkan wawasan keuangan untuk operasi sehari-hari, mereka harus pintar meminta nasihat dari ahli yang membantu mereka mengungkap wawasan tersebut. Memang, 72% pemilik bisnis mengatakan mereka akan tetap mempertahankan penasihat akuntansi mereka, tidak peduli berapa banyak otomatisasi yang tersedia. Saat teknologi akuntansi online semakin pintar, akuntan akan lebih memahami gambaran keuangan klien mereka secara keseluruhan … memberdayakan mereka untuk memberikan saran holistik yang lebih berdampak pada bisnis kecil yang mereka layani.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp