BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERSYARATAN UTAMA AGAR DAPAT MENJADI SEORANG ACCOUNTING MANAGER DAN FINANCE YANG HANDAL

Mungkin dari Anda sekalian masih ada yang tertarik untuk menjadi seorang accounting manager (manager keuangan)? Dari semua jabatan akan selalu ada juga yang berpikiran tentang bagaimana sisi positif dan negatif dari menjadi seorang accounting manager? Lalu sekarang yang menjadi pertanyaan sebenarnya adalah, bagaimana untuk dapat memenuhi persyaratan-persyaratan agar dapat menjadi seorang manager keuangan (accounting manager)?

Kembali lagi kepada pemahaman pemisah-batas antara “akuntansi” dan “keuangan.” Akuntansi (accounting) merupakan satu alat pengukur (measurer), sedangkan keuangan (finance) adalah berupa alat pengelola (manager).

Manajer keuangan dan manajer akuntansi memang sangat berhubungan erat satu sama lain dalam sebuah perusahaan, definisi lain tentang manajeman keuangan adalah, manajemen dana yang berhubungan dengan darimana perusahaan tersebut masih dapat membiayai berbagai aktivitas usahanya dan akan di alokasikan kemana dana yang selama ini telah dimilikinya tersebut.

Manager akuntansi bertugas untuk memberikan berbagai informasi akuntansi yang memang secara khusus ditujukan untuk manajer maupun pihak-pihak manajeman perusahaan agar dapat menjadi lebih siap dalam proses untuk menganalisa, mengelola, mengkontrol dan mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat.

Sebenarnya juga tidak mudah untuk bisa menjadi seorang manager keuangan yang handal di internal perusahaan, dibutuhkan adanya tingkat softskill, mental, dan pengalaman yang lebih tinggi agar dapat menjalankan tugas ini, dan tentu saja semua itu masih ada prosesnya yang lebih panjang.

Beberapa Persyaratan Utama Agar Dapat Menjadi Seorang Manager Keuangan (Accounting Manager) yang Handal.

1. Motivasi yang lebih tinggi terhadap diri sendiri.

Memang menjadi satu hal yang lebih sulit dalam upaya untuk memotivasi diri sendiri, karena kebanyakan manusia memang lebih cenderung untuk menunggu moodnya dapat kembali seperti semula lebih dulu, katakan pada diri sendiri bahwa Anda memang bisa dan merasa sanggup untuk menjadi seorang manager keuangan yang handal dan dapat dipercaya di perusahaan, dengan begitu secara tidak sadar bahwa alam bawah sadar Anda akan mampu memberikan aura positif yang lebih baik terhadap Anda agar menjadi seorang manajer keuangan yang handal.

2. Rajin untuk berorganisasi.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang manajer keuangan yang hebat, maka untuk tipe gaya kepemimpinan Anda memang sangat dinilai oleh atasan Anda maupun para bawahan Anda, maka dengan rajin untuk lebih aktif dalam berorganisasi merupakan salah satu solusi terbaik untuk Anda, agar diri Anda dapat menjadi lebih siap dalam menghadapi segala tantangan di masyarakat, dengan begitu, maka diri Anda akan semakin menjadi terlatih dengan sendirinya.

3. Mengambil pendidikan yang lebih berkualitas.

Memiliki basic pendidikan yang kuat adalah sebagai dasar utama untuk setiap menjalani profesi yang lebih berbasis pengetahuan. Hanya dengan menjadi lulusan atau menjadi seorang MBA juga tidak bisa langsung disebut sebagai seorang pendidikan yang baik. Pastinya harus melalui proses kursus profesional yang lebih sulit lagi, yang tentunya akan dapat membawa ke tingkat pengetahuan kita kepada tingkat yang lebih tinggi lagi.

Selalu mencoba untuk mengikuti kursus profesional yang baru dan lebih menantang. Anda juga diharuskan untuk memiliki semangat yang lebih tinggi sejak usia dini untuk memiliki pendidikan yang lebih baik. Pendidikan yang baik juga tidak berarti bahwa harus belajar di sekolah-sekolah ternama. Pendidikan yang baik akan selalu datang dari dalam diri setiap masing-masing individu, semangat tersebut akan semakin mendorong Anda untuk mulai belajar terhadap ketrampilan-keterampilan baru, subyek dan teknologi. Kecuali jikaAnda memang memiliki kecenderungan kuat terhadap fokus pembelajaran dan pendidikan, selalu tidak memungkinkan untuk bisa menjadi seorang konsultan yang baik. Misalnya saja , jika Anda adalah seorang akuntan atau akuntan manajemen, maka hal itu akan selalu sangat membantu Anda jika suatu saat sudah menjadi seorang konsultan keuangan yang baik.

4. Lebih mendalami seputar teori akuntansi menengah (intermediate) & lanjutan (advance).

Yang sudah merasakan bagaimana sulitnya bisa lulus dari bangku kuliah dari semester 3 sampai dengan semester 7 sudah pasti pernah merasakan bagaimana pusingnya mata kuliah Analisa laporan keuangan, Akuntansi keuangan, Akuntansi Keuangan Lanjutan. Tidak ada salahnya bukan bagi Anda untuk yang ingin menjadi seorang manager keuangan yang handal, untuk mendalami kembali materi-materi tersebut. Dengan begitu knowledge Anda akan semakin bertambah semakin matang.

5. Mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan manajerial seputar keuangan & akuntansi.

Hal ini merupakan salah satu bentuk investasi bagi Anda, karena semuanya tidak ada yang serba instant, semuanya juga tetap membutuhkan adanya proses, pelatihan skill-skill manajerial keuangan & akuntansi memang sangatlah penting, mengapa bisa demikian? Karena akan semakin menambah knowledge Anda, seperti jenis pelatihan-pelatihan:: Pelatihan Akuntansi Keuangan, mengikuti Pusat Pengembangan Akuntansi Keuangan (PPAK), mengikuti ujian Certified Public Accountant (CPA), dan masih banyak lagi jenis lembaga-lembaga lain yang mengadakan pelatihan keuangan & akuntansi untuk semakin mengasah kemampuan Anda.

Demikian pembahasan tentang apa saja persyaratan-persyaratan agar dapat menjadi seorang accounting manager dan finance yang handal dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Terimakasih dan salam sukses.

Apabila pembaca sekalian membutuhkan software Accounting, serta software HRD dan Payroll silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda!

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp