BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

POIN KEUANGAN PALING PENTING YANG PERLU ANDA LACAK UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS ANDA

Jika Anda menggunakan perangkat lunak akuntansi, Anda mungkin memiliki akses ke banyak laporan keuangan yang menawarkan jendela ke kinerja bisnis Anda. Namun, jika Anda seperti kebanyakan pengusaha sibuk, Anda tidak punya waktu, kecenderungan, atau pelatihan untuk memahami angka-angka keuangan yang kompleks.
Faktanya, banyak pemilik usaha kecil hanya fokus pada apa yang mereka sukai, melompati gambaran besarnya. Sayangnya, tidak peduli seberapa berbakat dan berkomitmen Anda pada kerajinan, produk, atau layanan Anda, jika Anda tidak memperhatikan sisi keuangan bisnis Anda, kemungkinan besar akan gagal.
Mari kita lihat 7 angka yang perlu Anda tinjau setiap bulan untuk membantu Anda meningkatkan keuntungan dan menyimpannya di sana. Jangan khawatir, Anda tidak perlu menjadi CPA bersertifikat untuk memahami cara menafsirkan dan menarik angka-angka ini dari laporan keuangan utama. Tetapi Anda memerlukan beberapa jenis solusi perangkat lunak akuntansi untuk membantu Anda menjalankan laporan ini.
Setelah Anda memiliki pandangan yang jelas terhadap laporan keuangan yang mengukur kesehatan bisnis Anda, Anda akan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan berpikiran maju.

Laba rugi
Anda tahu ungkapan, “Apa intinya?” Itu datang langsung dari laporan laba rugi.
Laba (juga disebut “pendapatan bersih”) memberi tahu Anda berapa banyak uang yang Anda peroleh setelah pengeluaran dibayarkan. Analisis laporan laba rugi Anda secara teratur akan sangat membantu(yaitu, sebulan sekali) sehingga Anda dapat:
• Pantau di mana Anda membelanjakan uang Anda untuk pengeluaran dan cari cara untuk mengekangnya jika itu memengaruhi keuntungan Anda
• Identifikasi pada waktu apa dalam setahun Anda cenderung memiliki lebih sedikit pekerjaan dan menghasilkan lebih sedikit uang sehingga Anda tahu kapan harus mengurangi atau meningkatkan upaya penjualan Anda
• Bantu menginformasikan tren pendapatan Anda — Anda mungkin berada di jalur yang meningkat dalam hal pendapatan, tetapi jika keuntungan Anda secara drastis diturunkan oleh pengeluaran, Anda dapat mencari tahu mengapa dan memperbaikinya. Misalnya, Anda dapat mencoba mengurangi pengeluaran atau menaikkan tarif Anda.
Pada akhirnya, jika bisnis Anda tidak menguntungkan, atau tidak cukup menguntungkan bagi Anda untuk membayar sendiri apa yang Anda inginkan, itu tidak berkelanjutan. Sebagai pemilik bisnis, tetap fokus pada “garis bawah” ini untuk memastikan Anda mendapatkan uang yang Anda inginkan.

Beban
Menjalankan bisnis yang sukses sering kali membutuhkan investasi dalam hal-hal seperti peralatan, perlengkapan kantor, transportasi, pelatihan, dan periklanan. Bergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan, pengeluaran ini dapat tumbuh dengan cepat — dan bahkan menyalip pendapatan Anda.
Sangat penting untuk memasukkan pengeluaran Anda ke dalam perangkat lunak akuntansi Anda secara teratur dan memeriksa jumlahnya setiap bulan. Ketika Anda meluangkan waktu untuk melakukan ini, mereka akan dimasukkan dalam laporan laba rugi Anda, yang memberi tahu Anda apakah Anda menghasilkan atau kehilangan uang.
Tetapi banyak solusi akuntansi juga menyertakan file laporan pengeluaran yang menunjukkan kepada Anda berbagai kategori pengeluaran Anda. Meninjau pola pengeluaran Anda akan membantu Anda memutuskan di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran jika perlu.
Satu-satunya pekerjaan Anda sehubungan dengan mengawasi pengeluaran adalah memastikan pengeluaran tidak tumbuh lebih cepat dari pendapatan Anda. Pengecualiannya adalah jika Anda melakukan investasi jangka panjang yang disengaja, seperti mempekerjakan karyawan baru atau membeli peralatan baru yang akan terbayar seiring waktu.

Piutang
Pernahkah Anda berharap bisa menggoyahkan pohon dan membuat uang jatuh? Piutang, alias A / R, sedekat yang akan Anda dapatkan.
A / R benar-benar hanya cara mewah untuk mengatakan, “uang yang saya hutangi.” Ini adalah jumlah dari faktur yang belum dibayar, dan muncul sebagai baris di neraca keuangan Anda, laporan keuangan dasar lainnya. Jika piutang Anda banyak, Anda punya banyak uang di pucuk-pucuk pohon.
Jika Anda mendapati diri Anda memiliki nomor laba rugi yang bermasalah, lihat A / R. Faktur yang terlambat atau belum dibayar seringkali menjadi penyebab kesulitan keuangan bagi pemilik usaha kecil. Membayar untuk tetap berada di atas klien untuk membayar dengan segera dan menjaga aliran uang tunai. Banyak perangkat lunak akuntansi menawarkan pengingat pembayaran otomatis untuk membantu menjaga semuanya tetap pada jalurnya.
Dan mengetahui berapa nilai A / R Anda pada saat tertentu akan memberdayakan Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang apa yang Anda pilih untuk diinvestasikan dan kapan.

Keuntungan oleh Klien
Tidak semua klien diciptakan sama. Berbicara secara finansial, beberapa jauh lebih menguntungkan daripada yang lain. Klien terbaik bukanlah orang yang membayar biaya terbesar — merekalah yang menghasilkan keuntungan paling banyak.
Mendapatkan klien terkenal memang menyenangkan, tetapi terkadang mereka mengharuskan Anda berinvestasi dalam peralatan tambahan, asuransi, perjalanan, dan biaya lainnya. Jadi, meskipun mereka mungkin membayar lebih, harganya juga lebih mahal. Sebaliknya, beberapa klien kecil Anda mungkin tidak membayar banyak, tetapi proyek mereka menghasilkan banyak keuntungan.
Beberapa solusi perangkat lunak akuntansi menawarkan pendapatan menurut laporan klien. Meskipun laporan keuangan ini dapat membuka mata untuk melihat dengan tepat berapa nilai “nilai” setiap klien bagi bisnis Anda, ada baiknya juga mengambil langkah ekstra untuk menentukan berapa banyak keuntungan yang mereka hasilkan.
Untuk menghitung ini, ambil total biaya yang Anda terima dari klien dan kurangi semua biaya yang terkait dengan bekerja untuk mereka. Itu laba kotor Anda. Jika Anda melacak jam yang Anda habiskan untuk bekerja dengan mereka, bagi keuntungan itu dengan perkiraan jumlah jam yang Anda habiskan untuk pekerjaan mereka. Itu adalah “upah per jam” Anda untuk klien ini.
Bandingkan gaji ini di antara klien untuk melihat mana yang paling menguntungkan bagi Anda. Fokuskan pemasaran Anda untuk mendapatkan lebih banyak klien yang menguntungkan, meskipun mereka bukan proyek “terbesar”. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan uang paling banyak dengan waktu yang dihabiskan paling sedikit.

Arus kas
Salah satu konsep tersulit untuk ditaklukkan oleh pemilik usaha kecil adalah arus kas. Ini mengacu pada uang tunai sebenarnya yang masuk (pendapatan) dan meninggalkan bisnis Anda (pengeluaran) selama periode waktu tertentu. Laporan arus kas Anda menunjukkan berapa banyak uang tunai yang tersedia di akhir periode waktu tersebut.
Bahkan jika laporan laba rugi Anda menunjukkan laba yang konsisten, Anda masih dapat mengalami masalah arus kas. Mungkin Anda ditagih untuk proyek besar, tetapi persyaratan pembayarannya adalah 60 hari, jadi Anda tidak akan memiliki uang tunai untuk sementara waktu. Sementara itu, pengeluaran Anda mungkin masuk akal berdasarkan pendapatan yang Anda hasilkan, tetapi jika investasi besar dalam peralatan diperlukan saat Anda menunggu uang tunai itu masuk, Anda akan berakhir tanpa cukup uang untuk membayarnya.
Pakar akuntansi menyarankan untuk memeriksa laporan arus kas Anda secara teratur sehingga Anda dapat mengatur waktu pembelian Anda dengan benar dan memastikan bahwa klien Anda membayar dengan cepat.

Penjualan Barang
Ingin tahu berapa banyak uang yang Anda hasilkan dari setiap barang yang Anda jual dan berapa kali Anda benar-benar menjual barang itu? Banyak solusi perangkat lunak akuntansi menawarkan wawasan ini melalui laporan penjualan barang.
Ini adalah informasi penting karena menunjukkan profitabilitas setiap produk atau layanan Anda. Di sinilah Anda akan melihat apakah produk terlaris Anda benar-benar menarik keuntungannya. Anda juga dapat memeriksa pengaruh diskon pada produk tertentu terhadap profitabilitas mereka. Menggunakan laporan keuangan seperti laporan penjualan barang menawarkan informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk memutuskan barang mana yang layak mendapatkan sebagian besar waktu dan perhatian Anda, dan mana yang tidak.

Ini adalah metrik penting yang akan menginformasikan keputusan bisnis besar dan kecil. Pakar akuntansi merekomendasikan untuk memeriksa laporan keuangan ini pada hari pertama setiap bulan, dimulai dengan laporan arus kas. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi bisnis Anda sesuai kebutuhan. Dan saat Anda terbiasa menganalisis data secara teratur, Anda mungkin menemukan laporan tambahan yang akan membantu Anda mengukur kesuksesan bisnis Anda.
Saat Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen akuntansi atau keuangan Anda, silahkan hubungi kami ke email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp