BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PRAKTIK TERBAIK STRATEGI ACCOUNT RECEIVABLE YANG CEPAT DAN EFEKTIF

Semua pasti juga sepakat jika tantangan yang dihadapi bisnis adalah bahwa tujuan menghasilkan uang dengan cepat tampaknya bertentangan dengan memberikan pengalaman pelanggan yang positif. Bagaimana Anda bisa membuat pelanggan membayar lebih cepat sambil membuat mereka senang? Organisasi sering merasa dipaksa untuk mempertimbangkan kedua prioritas ini satu sama lain. Lebih sering daripada tidak, prioritas koleksi diutamakan. Maklum, keputusan ini dirasionalkan oleh fakta bahwa tim AR diukur dengan kas yang mereka kumpulkan dan bukan oleh hasil kepuasan pelanggan.
Untuk membangun proses pengumpulan yang efektif, Anda perlu mengadopsi pendekatan yang lebih cerdas. Salah satu yang berulang dan berkelanjutan. Ini perlu secara mendasar mengubah cara tim Anda mengumpulkan uang tunai dari pelanggan, yang pada gilirannya mengubah cara pelanggan Anda melihat dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Inilah yang meningkatkan perilaku pembayaran dalam jangka panjang, karena memperkuat hubungan pelanggan dan memperdalam kepercayaan.

Komunikasi Faktur Adalah Titik Kontak Pelanggan Yang Sempurna
Pertimbangkan sejumlah komunikasi pelanggan khas perusahaan Anda. Saat organisasi Anda mengirimkan email pemasaran, survei, promosi, atau penawaran kepada pelanggan Anda, ini sering kali akhirnya diarahkan ke folder spam atau sampah, atau dihapus begitu saja. Komunikasi faktur adalah titik kontak pelanggan yang sempurna karena hampir dijamin akan diterima.
Melihat dari perspektif ini, jelas bahwa saluran komunikasi langsung dan sering dengan pelanggan Anda adalah peluang berharga. Anda dapat menggunakan saluran ini untuk membentuk hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan Anda, memperkuat reputasi bisnis Anda, dan pada akhirnya, memastikan mereka melakukan pembayaran lebih cepat. Tetapi untuk melakukan ini, Anda perlu membuat komunikasi pelanggan Anda seefektif mungkin.
Jika Anda merenungkan saat Anda menerima layanan pelanggan yang hebat dan merasa dihargai, kemungkinan ada alasan yang jelas mengapa hal itu sangat positif:
• Mungkin perusahaan mempersonalisasi pendekatan mereka dengan Anda, melakukan sesuatu yang sederhana seperti menggunakan nama Anda dan memperlakukan Anda seperti orang sungguhan?
• Mungkin mereka membuat proses pembelian menjadi sederhana dan intuitif, memberikan semua informasi yang diperlukan agar Anda dapat dengan mudah mengambil keputusan?
• Atau mungkin apa yang dimulai sebagai pengalaman negatif dibalik, oleh seseorang yang mendengarkan umpan balik Anda, berempati, dan bereaksi sesuai?
Inti dari semua contoh ini adalah komunikasi yang efektif. Inilah yang menciptakan pengalaman yang mulus, dipersonalisasi, dan menyenangkan. Hal ini membuat orang merasa dihargai dan membuat mereka tahu bahwa waktu mereka dihargai. Komponen utama dari layanan pelanggan yang hebat ini pada akhirnya menghasilkan pembayaran yang lebih cepat dan penurunan churn pelanggan.

Berikut ini ada delapan praktik terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan komunikasi Anda.
1. Gunakan komunikasi yang dipersonalisasi yang selaras dengan detail dalam ERP atau CRM Anda.
2. Komunikasikan Merek Anda sehingga memiliki tampilan dan nuansa yang sama dengan komunikasi perusahaan lainnya – jaga konsistensi dan promosikan merek Anda. Nada juga penting.
3. Perkenalkan konsistensi ke dalam komunikasi Anda, pastikan poin kontak Anda teratur, tetapi tidak berlebihan – jika tidak, email akan dibuang ke sampah.
4. Kirim komunikasi awal (sebelum tanggal jatuh tempo) sebagai pengingat ramah. Ini memberi pelanggan waktu untuk meninjau faktur sebelum tanggal jatuh tempo sehingga perbedaan dapat diatasi.
5. Tindak lanjuti email Anda menggunakan irama taktis – email harus dikirim tidak lebih dari setiap 15 hari selama 60 hari pertama. Nada bisa tetap ramah tetapi menjadi sedikit lebih mendesak seiring bertambahnya usia faktur. Setelah 60 hari – nada bicara Anda harus lebih agresif.
6. Proses dunning Anda harus dikelola dengan baik secara internal melalui titik kontak reguler dengan penjualan, atau kesuksesan klien, pada titik tertentu selama siklus. Seorang perwakilan penjualan tidak ingin mendengar dari klien mereka bahwa mereka mendapat email yang mengancam ketika mereka tidak mengetahui bahwa ada alasan yang sah untuk pembayaran yang tertunda. Ini menciptakan pengalaman pelanggan yang sangat buruk dan situasi yang menantang secara internal.
7. Semua komunikasi yang baik harus informatif dan dapat ditindaklanjuti, memberikan semua informasi yang dibutuhkan klien untuk bertindak; detail pengiriman uang, tautan ke portal pembayaran (jika berlaku), dan nomor telepon atau email kontak untuk pertanyaan apa pun yang mereka miliki.
8. Dan terakhir, alur kerja yang berjalan harus disesuaikan dengan jenis pelanggan – misalnya, ini bisa berarti menggunakan poin kontak yang lebih tinggi dan eskalasi yang lebih cepat untuk akun berisiko sementara pelanggan yang membayar tepat waktu menikmati layanan “sarung tangan putih”, menerima pengingat yang ramah dan panggilan telepon pribadi sebelumnya. faktur lewat jatuh tempo. Tidak ada alasan yang baik untuk menggunakan pendekatan “satu ukuran cocok untuk semua” untuk setiap pelanggan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp