BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

REVIEW KEKAYAAN PERUSAHAAN MELALUI AKTIVA TETAP

Aktiva, istilah yang kerap didengar dalam dunia akuntan ini memiliki banyak fungsi tersendiri, terutama dalam manajemen finansial atau mungkin penghitungan kekayaan bersih milik perusahaan. Semua dapat anda ketahui melalui aktiva ini. Cakupan aktiva pun merangkap segala bentuk kepemilikan aset atau bahkan hak hak atas tanah dan lain-lain, juga turut tercakup dalam aktiva yang kemudian dihitung dalam satuan mata uang.
Aktiva sendiri memiliki berbagai jenis dan digolongkan menjadi beberapa poin, dan mengingat topik kali ini, kami Tim GroEdu akan mengungkap salah satu jenis aktiva yang akan kita pergunakan dalam pembahasan kali ini, yaitu Aktiva Tetap.

Aktiva Tetap (Fixed Assets)
Aktiva tetap atau fixed assets merupakan jumlah kekayaan perusahaan di mana aset yang terhitung memiliki daya guna atau usia fungsi lebih dari satu tahun, dipergunakan dalam proses industry, serta tidak untuk dijual. Singkat kata, fixed assets ini berupa harta non-tunai yang cenderung fungsional bagi perusahaan. Contoh fixed assets antara lain tanah, gedung, mesin, peralatan toko dan kantor, alat angkut, dan lain sebagainya.
Nah, kemudian kembali ke topik utama. Apabila anda ingin mereview kekayaan perusahaan berdasarkan Aktiva Tetap maka terdapat satu cara yang umum digunakan, yaitu dengan me-nominalkan Aktiva Tetap tersebut, hal ini dikarenakan sifat sejati aktiva sendiri yaitu berupa nominal mata uang, entah itu rupiah atau dollar.
Karena itu, syarat utama untuk mereview kekayaan perusahaan berdasarkan aktiva tetap mengharuskan adanya keberadaan nominal-nominal tersebut. Tapi tenang saja, karena ini tidak sesulit yang anda bayangkan karena pada umumnya setiap aset yang telah terbilang sebagai suatu aktiva pastinya telah dihitung nominalnya dan dikonversikan sesuai mata uang setempat atau bahkan internasional.

Sisanya hanyalah cukup menjumlahkan nominal-nominal tersebut dan kemudian muncullah total kekayaan perusahaan berdasarkan aktiva tetap tersebut. Selanjutnya tinggal memeriksa hal apa saja yang akan anda review berdasarkan aktiva tersebut. Mungkin nilai aktiva tetap? Atau mungkin sisa usia pakai dari aktiva tetap itu sendiri? Anda lah yang menentukan.

Itulah pembahasan seputar review kekayaan perusahaan melalui aktiva tetap. Apabila anda memiliki kebingungan dan ingin menanyakan berbagai hal terkait artikel diatas atau terkait hal lain untuk keberlangsungan bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda. Semoga ulasan ini bermanfaat, sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp