BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

RUANG LINGKUP YANG HARUS ANDA PERHATIKAN SEBELUM AKAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MANAJEMEN PROYEK

Dalam bisnis proyek terdapat adanya istilah manajemen proyek yang bisa diartikan sebagai penerapan keahlian, ilmu pengetahuan, dan juga ketrampilan, yang secara teknis telah memggunakan resource yang lebih terbatas hanya untuk menghasilkan sasaran yang telah ditetapkan. Dalam manajemen proyek dibutuhkan adanya pengelolaan yang benar-benar terarah agar tujuan akhir dari sebuah proyek masih dapat terpenuhi. Ruang lingkup dari manajemen proyek meliputi:

1. Mutu.
2. Biaya.
3. Waktu.
4. Keselamatan kerja.
5. Kesehatan.
6. Lingkungan.
7. Sumberdaya.
8. Resiko.
9. Sistem informasi.

Pada dasarnya terdapat tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam penerapan manajemen proyek, yaitu:

1. Perencanaan.

Perencanaan biasanya dilakukan dengan cara memberikan sasaran dan tujuan proyek berikut juga administrasi dan program untuk diterapkan. Perencanaan ini dilakukan dengan adanya studi kelayakan, rekayasa nilai, dan perencanaan dalam lingkup manajemen proyek.

2. Penjadwalan.

Setelah dibuat perencanaan, maka tahap selanjutnya adalah berupa penjadwalan. Penjadwalan yang berisikan tentang rencana serta kemajuan proyek, termasuk juga didalamnya tentang biaya-biaya untuk peralatan, tenaga kerja, material dan ketepatan waktu dalam hal penyelesaian proyek.

3. Pengendalian dan manajemen proyek.

Pengendalian yang dilakukan adalah untuk memperkecil atau meminimalkan berbagai kemungkinan-kemungkinan terjadinya resiko terhadap penyimpangan yang mungkin saja bisa terjadi. Seluruh aktivitas yang telah dikerjakan selama proses terjadinya pengendalian adalah untuk melakukan pemeriksaan, pengawasan, dan juga untuk koreksi ulang.

Manajemen proyek yang baik hendaknya harus dapat mengelola tentang berbagai macam asset-asset, dan sumber daya manusia, waktu serta kualitas pekerjaan proyek sehingga akan dapat menghasilkan proyek yang lebih berkualitas dengan waktu sesuai dengan yang sudah direncanakan sebelumnya. Selain itu pengendalian biaya juga harus lebih diperhatikan lagi dengan lebih teliti agar dapat menghasilkan keuntungan yang semakin optimal. Didukung dengan adanya mutu bangunan yang baik akan menjadikan kunci dari kesuksesan sebuah manajemen proyek.

Penggunaan software accounting untuk manajemen proyek akan semakin memudahkan proses dari manajemen proyek itu sendiri. Perangkat lunak atau software accounting yang banyak digunakan untuk mendukung bidang ini biasanya adalah dari software akuntansi yang berbasis cloud. Software Zahir accounting akan dapat mendukung berbagai macam kegiatan seputar manajemen proyek dengan berbagai macam fitur yang dimiliki dalam software accounting seperti mengelola persediaan barang, proyek, data departeman, perakitan, multi fase proyek, perakitan, kas dan bank, serta rekonsiliasi bank. Software accounting juga akan semakin mempermudah Anda dalam mengelola berbagai pembayaran piutang dan hutang serta untuk menyajikan laporan tentang umur piutang, membuat surat tagihan untuk mengingatkan piutang mana yang sudah hampir masuk jatuh tempo dan harus segera dibayarkan oleh pelanggan. Dengan adanya fasilitas tersebut, maka akan semakin memperkecil resiko adanya piutang yang tak tertagih.

Mengelola manajemen proyek dengan lebih mendetail memang membutuhkan waktu yang lebih panjang, terlebih lagi apabila proyek yang sedang dikerjakan adalah proyek besar. Dengan mengaplikasikan software akuntansi pada bagian manajemen proyek, maka Anda akan dapat menghemat banyak sekali waktu dan tenaga serta untuk perhitungan biaya yang dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Apabila membutuhkan software accounting, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp