BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

SEBAB TERJADINYA PERBEDAAN BIAYA DALAM COST CONTROL

Sistem Cost Control/kontrol biaya merupakan bagian integral dari keseluruhan sistem pendukung keputusan organisasi. Sistem kontrol biaya berfokus pada informasi intra-organisasi dan berisi komponen pendeteksi, penilai, efektif, dan jaringan. Relatif terhadap sistem manajemen biaya, sistem kontrol biaya menyediakan informasi untuk perencanaan dan untuk menentukan efisiensi kegiatan saat mereka sedang direncanakan dan setelah mereka dilakukan. Pengendalian biaya adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan dukungan dari semua karyawan setiap saat. Kontrol adalah bagian dari siklus manajemen yang dimulai dengan perencanaan. Tanpa terlebih dahulu menyiapkan rencana untuk organisasi, kontrol tidak dapat dicapai karena tidak ada target dan sasaran operasional yang telah ditetapkan. Fase perencanaan menetapkan target kinerja yang menjadi input ke fase kontrol.
Kontrol mensyaratkan adanya seperangkat harapan. Dengan demikian, pengendalian biaya dilakukan pertama kali ketika anggaran disiapkan. Namun, anggaran tidak dapat disiapkan tanpa pemahaman tentang alasan yang mendasari perubahan biaya periode, dan pengendalian biaya tidak dapat dicapai tanpa memahami dan sering kali biaya mungkin berbeda dari jumlah yang dianggarkan. Perbedaan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :

Perubahan Biaya Karena Perilaku Biaya
Biaya dapat berubah dari periode sebelumnya atau berbeda dari ekspektasi anggaran karena berbagai alasan. Beberapa biaya berubah karena perilaku yang mendasarinya. Total variabel atau biaya campuran meningkat atau menurun dengan, masing-masing, peningkatan atau penurunan aktivitas. Jika aktivitas aktual periode saat ini berbeda dari periode sebelumnya atau tingkat aktivitas yang dianggarkan, total variabel aktual atau biaya campuran akan berbeda dari periode sebelumnya atau dari anggaran. Anggaran yang fleksibel dapat mengompensasi perbedaan tersebut dengan menyediakan biaya yang diharapkan di setiap tingkat kegiatan. Dengan menggunakan anggaran yang fleksibel, manajer kemudian dapat membuat perbandingan biaya anggaran dengan biaya aktual untuk menentukan apakah biaya dikontrol dengan benar. Selain reaksi dari biaya variabel dan campuran terhadap perubahan kegiatan, faktor-faktor lain seperti inflasi / deflasi, penyesuaian biaya pemasok / pemasok, dan jumlah yang dibeli dapat menyebabkan biaya berbeda dari periode sebelumnya atau anggaran. Dalam mempertimbangkan faktor-faktor ini, ingatlah bahwa harga eksternal menjadi biaya internal ketika barang atau jasa diperoleh.

Baca juga : SOLUSI MENGUBAH PEMBUKUAN METODE PENCATATAN AKUNTANSI BERBASIS KAS (CASH BASIC) KE SISTEM SOFTWARE ACCOUNTING YANG TERSISTEMASTIS

Perubahan Biaya Karena Inflasi / Deflasi
Fluktuasi nilai uang disebut perubahan tingkat harga umum. Ketika tingkat harga umum berubah, harga barang dan jasa juga berubah. Jika semua faktor lain konstan, perubahan tingkat harga umum memengaruhi hampir semua harga kurang lebih sama dan dalam arah yang sama. Indeks inflasi berdasarkan industri atau komoditas dapat diperiksa untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang efek inflasi terhadap harga input tertentu.

Perubahan Biaya Karena Penyesuaian Biaya Pasokan / Pemasok
Hubungan antara ketersediaan barang atau jasa dan permintaan untuk barang tersebut mempengaruhi harga jualnya. Jika persediaan rendah tetapi permintaan tinggi, harga jual barang meningkat. Harga yang lebih tinggi seringkali merangsang produksi yang lebih besar, yang, pada gilirannya, meningkatkan pasokan. Sebaliknya, jika permintaan turun tetapi penawaran tetap konstan, harga jatuh. Penurunan harga ini akan memotivasi produksi yang lebih rendah, yang menurunkan pasokan. Oleh karena itu, harga secara konsisten dan sirkuler dipengaruhi oleh hubungan penawaran dan permintaan. Perubahan harga yang dihasilkan dari penyebab independen adalah perubahan tingkat harga tertentu, dan ini dapat bergerak ke arah yang sama atau berlawanan sebagai perubahan tingkat harga umum.

Perubahan Biaya Karena Kuantitas Produk
Perusahaan biasanya diberikan diskon jumlah, hingga tingkat maksimum, ketika mereka melakukan pembelian dalam jumlah besar. Oleh karena itu, biaya per unit dapat berubah karena jumlah yang dibeli berbeda dari periode sebelumnya atau yang diproyeksikan. Keterlibatan dalam pengaturan pembelian kelompok dapat membuat diskon kuantitas lebih mudah diperoleh.

Demikian artikel cost control kali ini, jika pembaca membutuhkan informasi lebih detil tentang artikrl diatas, ingin berkonsultasi terkait cost control bisnis anda, atau membutuhkan accounting software untuk mempermudah bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami konsultan software accounting Surabaya siap membantu anda. Sekian dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp