BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

SIKLUS AKUNTANSI UNTUK BISNIS KECIL ANDA

Siklus akuntansi adalah beberapa langkah yang dilaksanakan selama periode akuntansi. Proses ini diterapkan untuk mengelola transaksi keuangan perusahaan.

Langkah pertama adalah menyiapkan sistem akuntansi. Pada akhir siklus akuntansi, pembukuan sekarang siap untuk ditutup. Mengembangkan bagan akun adalah bagian dari menyiapkan sistem akuntansi. Di sinilah perusahaan menyimpan data keuangannya. Dokumen sumber ini di akun mana pun adalah bukti bahwa suatu transaksi telah terjadi, dan harus dicatat sebagai entri dengan cepat. Contohnya termasuk pesanan pembelian, faktur, dan cek yang dibatalkan. Entri dibuat untuk membuat catatan formal. Saat Anda menggunakan akuntansi ganda, dua entri dibuat. Debit dan kredit dimasukkan untuk transaksi. Sebuah buku besar juga harus dibangun untuk usaha kecil. Ini adalah catatan akuntansi utama.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan neraca saldo. Hal ini dicapai dengan menjumlahkan semua kredit dan debit dari periode di mana mereka terjadi. Jurnal penyesuaian mencakup hal-hal seperti depresiasi, pendapatan yang masih harus dibayar, biaya dibayar di muka, dan biaya yang masih harus dibayar. Semua item ini berdampak pada saldo bulanan.

Mempersiapkan laporan keuangan adalah langkah terakhir dari siklus akuntansi. Semua informasi dari buku besar dan jurnal akuntansi ini digunakan untuk mengembangkan laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan laba ditahan.
Ayat jurnal penutup juga merupakan bagian dari siklus akuntansi. Entri penutup datang pada akhir siklus akuntansi. Mereka digunakan untuk menetapkan saldo akun sementara untuk laporan berikutnya. Ini termasuk kewajiban dan biaya.

Mengembangkan dan mempersiapkan sistem akuntansi seseorang adalah kompleks. Ini juga memakan waktu dan usaha besar untuk bisnis apa pun, terutama bisnis kecil. Itu selalu bijaksana untuk menggunakan CPA atau mengalihdayakan perusahaan jasa akuntansi. Jangan takut dengan biaya juga. Perusahaan akuntansi outsourcing menawarkan banyak paket yang dapat Anda pilih. Anda harus dapat menemukan paket yang sesuai dengan anggaran dan tujuan perusahaan Anda.

Memiliki sistem akuntansi yang baik adalah sumber kehidupan bisnis Anda. Dengan catatan yang baik, Anda akan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
Kantor akuntan outsourcing akan dapat beradaptasi dengan kebutuhan akuntansi unik perusahaan Anda. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada bisnis Anda. Beban menjaga buku akan dihilangkan dari tugas sehari-hari Anda. Biarkan firma akuntansi outsourcing merampingkan proses untuk Anda. Mereka memiliki banyak keahlian dan teknologi perangkat lunak terbaik. Dengan bantuan kantor akuntan outsourcing, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada aspek yang menghasilkan pendapatan dari perusahaan Anda. Selain itu, kantor akuntan outsourcing akan membantu Anda mengurangi kewajiban pajak Anda. Tidak ada yang lebih baik dari itu.

Tidak dapat diremehkan betapa pentingnya bagi perusahaan untuk memiliki catatan keuangan yang akurat dan terperinci, dan siklus akuntansi adalah bagian besar dari semuanya untuk bisnis kecil mana pun. Intinya untuk bisnis apa pun adalah menghasilkan pendapatan dan menghasilkan keuntungan. Dengan sistem akuntansi yang baik, bisnis Anda akan menuju kesuksesan. Anda membutuhkan jasa atau software akuntansi? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp