BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

SOLUSI KREDIT MACET NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM

Salah satu bentuk usaha penyedia dana selain perbankan dan leasing adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP). KSP merupakan penyedia dana yang sering digunakan oleh masayarakat karena pencairan dana yang relatif mudah dan cepat. Pertumbuhan usaha bidang ini bisa diukur dari jumlah anggotanya, semakin banyak anggota koperasi, bisa dibilang bahwa koperasi sedang mengalami kemajuan.
Perihal keanggotaan, setiap orang berhak menjadi anggota koperasi simpan pinjam. Dalam hal ini, koperasi memiliki sifat sukarela dalam artian tidak ada paksaan dari pihak manapun untuk menjadi anggota. Anggota pun bisa mengundurkan diri dari anggota jika mau, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam anggatan dasar koperasi.
Selanjutnya, salah satu problem yang menjadi momok besar bagi koperasi simpan pinjam adalah kredit atau pembayaran nasabah yang macet. Kredit yang macet ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal, seperti sumber daya manusia (petugas/karyawan), rendahnya kemampuan pihak koperasi dalam melakukan ananlisis permohonan kredit, lemahnya sistem informasi dan pengawasan serta administrasi kredit, adanya campur tangan dalam keputusan kredit, ketidakmampuan dalam manajemen, suku bunga pinjaman, jangka waktu pinjaman, stabilitas penjualan, dan komitmen anggota koperasi pada perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak. Sedangkan faktor kedua adalah faktor eksternal seperti adanya musibah yang menimpa nasabah atau pihak koperasi, adanya itikad tidak baik dari pihak nasabah, adanya pinjaman kredit tanpa sepengetahuan pihak keluarga atau kerabat, adanya penyalahgunaan kredit oleh nasabah.
Yang dapat dilakukan oleh koperasi simpan pinjam untuk membantu penyelesaian kredit macet ini adalah dengan mengetahui kondisi nasabah dan mencoba memberikan beberapa penawaran yang saling menguntungkan.
Semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel ini, atau membutuhkan konsultan profesional untuk membantu manajemen Koperasi Simpan Pinjam Anda. Silahkan hubungi DISINI, Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp