BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TANTANGAN PENGUSAHA FRANCHISE DI ERA DIGITAL

Franchise di Indonesia semakin marak berkembang saat ini. Bisnis waralaba adalah bisnis yang dimulai dengan memberikan sejumlah modal usaha untuk pemilik bisnis, sehingga pebisnis waralaba bisa menjual produk usaha dari pemilik bisnis.

Pastikan Dana Cukup
Salah satu tantangan terbesar dari bisnis franchise yakni dana. Calon pemilik waralaba tentunya perlu memiliki dana yang cukup besar untuk mendapatkan hak pengelolaan. Selain dana yang cukup besar untuk usaha pembukaan, juga berfungsi sebagai penutup modal ketika kerugian terjadi secara tiba-tiba.
Sebagai contoh pada awal-awal pembukaan bisnis ini masih dibawah target pasar yang dibutuhkan, yang pada gillirannya memengaruhi pendapatan. Biaya yang sering terkendala yakni nilai sewa tempat hingga gaji karyawan yang tetap harus dibayar. Disaat seperti inilah, pemilik waralaba harus terus merogoh kantongnya untuk tetap mempertahankan bisnis waralaba miliknya.

Pesaing
Seperti halnya jenis usaha lainnya, usaha waralaba ini juga memiliki pesaing. Pesaing dapat dari pesaing lama dan pesaing baru. Oleh sebab itu pemilik usaha perlu meningkatkan kualitas usahanya agar tetap maju dan tidak tersingkir dari persaingan usaha.

Berkolaborasi dengan franchisor
Di awal-awal anda memiliki franchise, barang kali anda memiliki persetujuan dan perjanjian dimana orang yang membeli lisensi harus menjalankan bisnis berdasarkan pada standar dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemegang lisensi.
Seiring waktu, franchisee memiliki ide-ide tertentu untuk memajukan bisnis franchise yang ia jalankan. Tantangannya yakni bagaimana antara pemilik lisensi dengan penyedia lisensi tidak terganggu dengan ide-ide bisnis yang dikembangkan.

Pilih dengan tepat jenis franchise
Tidak hanya dari sisi franchise, pemilik waralaba juga memerlukan pemilihan franchise yang tepat. Hal ini disebabkan perlu adanya visi dan misi dari pemilik lisensi untuk mengembangkan bisnis franchise melalui pengamatan minat pasar.
Misalnya, ketika pada kenyataannya waralaba yang dimiliki tidak tepat maka dampak terburuk yakni waralaba yang dimiliki tersebut akan mendapatkan reputasi buruk dari pasar. Akibatnya kerugian finansial yang didapatkan.

Pilih karyawan yang tepat
Bagi pemilik franchise, penting memiliki karyawan yang tepat. Karyawan yang mumpuni akan mampu membantu bisnis agar tetap berjalan lancar, efektif dan efisien. Selain itu tujuan didirikan perusahaan waralaba tersebut dapat tercapai lebih cepat.

Penuhi target yang telah ditentukan
Beberapa pemilik waralaba memberikan target bagi franchisee. Intinya apabila terdapat konsekuensi apabila franchisee gagal memenuhi target-target yang telah ditentukan.

Mendukung waralaba
Tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh pihak pemilik waralaba yakni agar mampu mendukung bisnis waralaba tersebut. Utamanya terletak pada keberhasilan ataupun kegagalan waralaba dalam menjalankan waralaba tersebut.
Dukungan yang diberikan dapat berupa dukungan dana, modal, sumber daya manusia, atau pelatihan. Semua itu dibutuhkan untuk mendorong usaha waralaba agar tetap bertahan.

Menjaga reputasi bisnis
Menjaga reputasi bisnis usaha waralaba memang tidak mudah. Terutama ketika kejadian yang membuat reputasi bisnis tersebut menjadi lebih buruk. Tentunya kejadian tersebut berimbas pada bisnis waralaba yang telah dilakukan.
Jika salah satu bisnis waralaba yang dijalankan mengalami hal buruk yang berimbas pada penurunan reputasi, maka akan ada besar kemungkinan waralaba yang dimiliki oleh franchisor dan franchisee juga akan terkena dampaknya.

Kurang memahami tentang produk
Pengetahuan terhadap produk merupakan hal yang peru dikuasai oleh setiap pengusaha. Akan tetapi banyak pemilik waralaba tidak mau tahu terhadap perkembangan usaha waralabanya. Padahal pemahaman terhadap produk berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Orang akan lebih percaya pada penjual yang mampu menjelaskan keuntungan dan kelebihan kepada pembeli apabila ia memilikinya.

Kalah bersaing
Masalah yang sering dihadapi yakni kalah dalam persaingan dengan pemain lama, pemain lama terlebih dahulu dikenal dan menguasai pasar. Ketika anda sebagai pemain baru mulai menantang pemain lama.
Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai tantangan pengusaha franchise. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) untuk Binsis Franchise dan butuh Accounting Software + POS, Software Kuliner/Resto pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp