BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS BAGAIMANA MENGELOLA HUTANG DAGANG PERUSAHAAN

Hutang dagang adalah jumlah yang ditagihkan kepada perusahaan oleh pemasoknya untuk barang yang dikirim atau layanan yang diterima oleh perusahaan dalam kegiatan bisnis. Jumlah yang ditagih ini, jika dibayar secara kredit, maka akan dimasukkan ke dalam modul hutang dagang dari perangkat lunak akuntansi perusahaan, setelah itu mereka muncul dalam laporan hutang dagang sampai lunas terbayar. Setiap jumlah yang terutang kepada pemasok yang langsung dibayar tunai tidak dianggap sebagai hutang dagang, karena mereka tidak lagi menjadi kewajiban. Dalam sistem akuntansi, hutang dagang dicatat dalam akun hutang yang terpisah, dengan kredit ke akun hutang dan debit ke akun mana pun yang paling mewakili sifat pembayaran, seperti biaya atau aset.
Perbedaan utama antara hutang dagang dan hutang non-perdagangan adalah bahwa hutang dagang biasanya dimasukkan ke dalam sistem akuntansi melalui modul hutang dagang khusus yang secara otomatis menghasilkan entri akuntansi yang diperlukan, sedangkan hutang non-perdagangan biasanya dimasukkan dalam jurnal.

Download E-Book : Account Receivable Sales Force

Berikut adalah beberapa cara kreatif untuk mengelola hutang dagang anda dengan memanfaatkannya tanpa melanggar ketentuan perjanjian pembayaran anda.
• Masukkan selalu hutang ke dalam sistem akuntansi anda segera setelah anda menerima faktur. Hitung tanggal jatuh tempo dan rencanakan untuk membayarnya sedekat mungkin dengan hari terakhir.
• Gunakan kartu kredit perusahaan untuk membayar sejumlah hutang saat jatuh tempo. Hutang seperti utilitas, telepon, jasa kurir, dan pengeluaran bulanan berulang lainnya sering kali dapat dibayar dengan kartu kredit. Tunggu hingga jatuh tempo, bayar dengan kartu kredit, dan anda dapat memperpanjang jumlah hari sampai anda harus membayar saldo.
• Gunakan kartu kredit perusahaan untuk membeli bahan, persediaan, dan barang-barang lainnya dari vendor yang tidak memperpanjang kredit perdagangan.
• Mintalah persyaratan penentuan tanggal. Untuk vendor perdagangan utama anda yang menjual barang dagangan kepada anda untuk dijual kembali. Ini juga umum untuk produk musiman.

Baca juga : SOLUSI MENGUBAH PEMBUKUAN METODE PENCATATAN AKUNTANSI BERBASIS KAS (CASH BASIC) KE SISTEM SOFTWARE ACCOUNTING YANG TERSISTEMASTIS

Demikian tips pengelolaan hutang dagang dalam artikel kali ini. Perlu anda ketahui bahwa sangat penting bagi anda untuk menangani hutang akun saat anda berhasil mendapatkan leverage maksimal. Terimakasih atas kunjungan anda ke website kami, dan semoga bermanfaat.
Dan apabilan anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, atau membutuhkan informasi lain terkait pengelolaan hutang dagang, piutang, atau software accounting yang efektif untuk bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com. Atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami konsultan software accounting surabaya siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp