BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS KELOLA KEUANGAN RESTORAN

Mungkin beberapa kali anda pernah menjumpai lebih dari setengah restoran yang mengalami kegagalan dalam dua tahun pertama. Ini adalah satu fakta yang telah dikenal pada lingkup industri restoran dan juga menjadi salah satu alasan utama industri ini sangat ditakuti oleh pengusaha baru. Meskipun benar bahwa ruang restoran itu kejam, tapi dalam kenyataannya pun masih ada yang berbagai restoran yang berhasil membuka dan tidak hanya bertahan dalam bisnis tetapi juga memimpin industri. Apa yang memungkinkan mereka melakukannya? Meskipun ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan sebuah restoran, mengelola keuangan restoran dengan cara yang benar adalah alasan utama di baliknya.
Sebagian besar restoran tidak memiliki sistem manajemen keuangan yang baik. Biasanya, restoran pertama kali begitu fokus mengatur modal untuk membuka restoran, sehingga mereka melupakan modal kerja, yaitu, uang yang akan menopang bisnis, sampai restoran mencapai titik impas dan mulai menghasilkan laba.
Ada hal-hal tertentu yang harus anda lakukan sejak awal agar dapat melacak keuangan anda. Ini termasuk hal-hal seperti penganggaran pengeluaran anda, menyiapkan laporan arus kas, perkiraan dan banyak lagi. Inilah yang harus anda lakukan untuk mengelola keuangan restoran anda.

#1 Anggaran Biaya Anda
Langkah pertama dan terpenting untuk mengelola keuangan adalah menganggarkannya. Anda perlu tahu total biaya tetap anda, total biaya kerja anda, berapa banyak uang yang anda miliki, dan telah menghitung berapa banyak yang dapat anda hasilkan. Anggaran semua untuk menghindari kebingungan dan melacak pengeluaran. Penganggaran tidak hanya akan memberi tahu anda apa aset dan liabilitas anda, tetapi juga akan menunjukkan kepada anda apa yang seharusnya menjadi prioritas anda dalam hal menghasilkan pendapatan dan pembayaran tunai.

#2 Pertahankan Laporan Arus Kas
Laporan arus kas akan memberi tahu anda bagaimana aktivitas harian anda memengaruhi jumlah uang tunai dan setara kas yang anda miliki dalam bisnis anda. Laporan arus kas akan memberi tahu anda dengan tepat berapa banyak yang anda miliki dan dalam bentuk barang, berapa banyak yang akan datang dan berapa banyak. Pernyataan ini adalah cermin dari bagaimana restoran anda terlihat secara finansial dan mempertahankannya adalah satu-satunya cara anda dapat merencanakan masa depan dan menghitung posisi anda saat ini. Ketika suatu anggaran akan memberi tahu anda berapa banyak untuk dibelanjakan dan tidak untuk dibelanjakan dan bukan apa yang harus dibelanjakan, laporan arus kas akan memberi tahu anda berapa banyak yang anda belanjakan, di mana anda belanja dan berapa banyak yang mempengaruhi anggaran restoran anda.

#3 Jangan Lacak Biaya Dari Berbagai Sumber
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan sebagian besar pemilik restoran adalah melacak pengeluaran dari berbagai sumber. Tidak pernah melakukannya! Meskipun kedua sumber tersebut mungkin akurat dan benar, ini hanya akan menyebabkan kebingungan. Jangan pernah mencoba melacak pengeluaran anda baik dari laporan arus kas dan buku tabungan secara bersamaan. Itu bukan bagaimana biaya diperhitungkan. Laporan arus kas dan buku tabungan dicocokkan untuk mencapai jumlah akhir tetapi tidak pernah dapat digunakan sebagai pengganti satu sama lain atau secara bersamaan bersamaan.

#4 Periksa Laporan Anda Setiap Hari
Biasakan mengelola akun anda setiap hari. Melakukan hal itu akan memberi anda gambaran yang jelas tentang seperti apa penjualan dan pengeluaran harian anda. Dengan begitu anda dapat melacak apakah restoran anda berkinerja cukup baik atau tidak. Jika ada pola yang diikuti oleh penjualan, lihat apa itu, apa yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya dan bagaimana anda bisa memperbaiki penjualan anda. Semua jawaban ini berasal dari penarikan akun harian. Ini tidak hanya akan membantu anda merencanakan dan memproyeksikan penjualan anda tetapi juga mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Sekilas melihat laporan setelah seharian adalah seperti melihat kartu laporan dan melihat bagaimana anda dapat meningkatkan. Ini adalah metode untuk mencapai titik impas dan seterusnya.

Mengelola keuangan restoran anda dengan baik, mengetahui berapa banyak dana yang anda gunakan, berapa banyak dana yang seharusnya tidak perlu anda keluarkan adalah satu dari banyak cara yang bisa anda gunakan dalam membangun budaya kenal dana yang sangat bermanfaat bagi restorant anda. Dan pada akhirnya hal ini akan berperan besar dalam mempertahankan eksistensi restorant anda dan mampu bersaing dengan berbagai kompetitor lain dalm industri restoran.
Bagi anda yang menginginkan informasi lebih jelas tentang bagaimana kelola keuangan restoran, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp