BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS MEMBACA LAPORAN KEUANGAN DENGAN BAIK

Neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas Anda adalah alat penting untuk memeriksa kesehatan bisnis Anda. Kuasai dokumen-dokumen ini, baris demi baris sehingga Anda benar-benar tahu kondisi aset Anda. Menguasai laporan keuangan adalah langkah pertama untuk mencapai tujuan Anda, apakah Anda ingin memasuki pasar baru, mengembangkan produk baru, atau menjual dan melanjutkan hidup. Anda akan memiliki angka-angka untuk mendukung keputusan Anda. Tiga laporan keuangan terpenting dan paling umum untuk bisnis adalah:

  • Neraca: Menunjukkan posisi keuangan bisnis pada saat itu.
  • Untung dan rugi, atau laporan laba rugi: Menunjukkan kinerja keuangan dalam periode waktu tertentu.
  • Laporan arus kas: Mencatat uang yang datang dan pergi selama periode waktu tertentu – seperti laporan bank Anda, tetapi dengan wawasan tentang pola dan / atau masalah.

Pernyataan ini sangat penting ketika Anda meminta seseorang untuk berinvestasi dalam bisnis Anda. Anda harus menunjukkan bagaimana bisnis Anda menghasilkan uang dan laporan keuangan adalah cara Anda menunjukkannya. Dan di artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa tips untuk membaca laporan keuangan dengan baik.

Putuskan Apa Yang Akan Dibaca
Laporan keuangan tahunan perusahaan publik mengandung banyak informasi: surat dari kepala eksekutif, bagian sorotan, grafik tren, laporan keuangan, catatan kaki ekstensif untuk laporan keuangan, ringkasan sejarah, dan banyak propaganda. Sebaliknya, laporan keuangan sebagian besar perusahaan swasta jauh lebih kecil; mereka berisi laporan keuangan dengan catatan kaki dan tidak lebih. Anda bisa membaca hanya bagian sorotan dan membiarkannya begitu saja. Ini mungkin dilakukan dalam keadaan darurat. Anda juga harus membaca surat kepala eksekutif kepada pemilik saham. Idealnya, surat tersebut merangkum perkembangan utama sepanjang tahun dengan cara yang adil dan cukup sederhana. Berhati-hatilah, bagaimanapun, bahwa surat-surat ini sering kali merupakan ucapan selamat bagi diri sendiri dan biasanya mengalihkan kesalahan atas kinerja yang buruk pada faktor-faktor di luar kendali para manajer.

Atasi Keuntungan Dan Kerugian Yang Tidak Biasa
Banyak laporan laba rugi dimulai secara normal: pendapatan penjualan dikurangi biaya penjualan dan pengoperasian bisnis. Tapi kemudian ada lapisan untung dan rugi yang tidak biasa dalam perjalanan ke garis laba akhir. Ini bisa jadi akibat bangunan yang banjir atau gugatan. Apa yang harus dilakukan pembaca laporan keuangan saat bisnis melaporkan keuntungan dan kerugian yang tidak biasa dan tidak berulang dalam laporan laba rugi?
Tidak ada jawaban yang mudah untuk pertanyaan ini. Anda dapat dengan senang hati berasumsi bahwa hal-hal ini terjadi pada bisnis hanya sekali di bulan biru dan tidak boleh mengganggu kemampuan bisnis untuk menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan. Bayangkan ini sebagai pendekatan mentalitas gempa: Ketika ada gempa bumi, ada banyak kerusakan, tetapi hampir setiap tahun tidak ada getaran yang serius dan berjalan seperti biasa. Keuntungan dan kerugian yang tidak biasa seharusnya bersifat tidak berulang dan jarang dicatat. Namun, dalam praktik aktual, banyak bisnis melaporkan keuntungan dan kerugian ini secara teratur dan berulang, seperti mengalami gempa bumi setiap tahun atau lebih.

Periksa Arus Kas Dari Laba
Tujuan bisnis tidak hanya untuk menghasilkan keuntungan tetapi untuk menghasilkan arus kas dari menghasilkan keuntungan secepat mungkin. Arus kas dari menghasilkan keuntungan adalah arus kas masuk yang paling penting ke bisnis. Sebuah bisnis dapat menjual beberapa aset untuk menghasilkan uang tunai, dan dapat meminjam uang atau membuat pemilik saham memasukkan lebih banyak uang ke dalam bisnis tersebut. Tetapi arus kas dari menghasilkan keuntungan adalah keran yang harus selalu dihidupkan. Sebuah bisnis membutuhkan arus kas ini untuk mendistribusikan uang tunai dari keuntungan kepada pemilik saham, untuk menjaga likuiditas, dan untuk menambah sumber modal lain untuk mengembangkan bisnis.

Perhatikan Tanda-Tanda Kesulitan Keuangan
Sebuah bisnis dapat membangun volume penjualan yang baik dan memiliki margin keuntungan yang sangat baik, tetapi jika perusahaan tidak dapat membayar tagihannya tepat waktu, peluang keuntungannya akan sia-sia. Solvabilitas mengacu pada prospek bisnis untuk dapat memenuhi hutang dan kewajiban pembayaran kewajiban lainnya tepat waktu, secara penuh. Analisis solvabilitas mencari tanda-tanda kesulitan keuangan yang dapat menyebabkan gangguan serius dalam operasi pengambilan laba bisnis. Bahkan jika sebuah bisnis memiliki beberapa miliar di bank, Anda harus bertanya, “Bagaimana solvabilitasnya terlihat? Apakah ada keraguan apakah perusahaan dapat membayar tagihannya tepat waktu?”

Kenali Kemungkinan Pernyataan Ulang Dan Penipuan
Ketika bisnis menyajikan kembali laporan keuangan aslinya dan menerbitkan versi baru, itu tidak mengganti kerugian yang diderita investor dengan mengandalkan laporan keuangan yang dilaporkan semula. Faktanya, beberapa perusahaan bahkan mengatakan mereka menyesal ketika mengeluarkan laporan keuangan yang direvisi.
Terlalu sering, alasan penyajian kembali adalah bahwa seseorang kemudian menemukan bahwa laporan keuangan asli didasarkan pada akuntansi yang curang. Sejujurnya, CPA tidak memiliki rekam jejak yang sangat baik untuk menemukan penipuan pelaporan keuangan. Intinya adalah: Investor mengambil risiko bahwa informasi dalam laporan keuangan yang mereka gunakan dalam membuat keputusan dapat direvisi di lain waktu.

Penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan dengan jelas perihal pencatatan dalam laporan keuangan Anda, karena dalam laporan tersebut tergambarkan kondisi keuangan Anda. Jika Anda tidak bisa membaca dengan baik, maka tentu kerugian yang akan Anda dapat dikemudian hari.
Dan jika Anda membutuhkan jasa pembuatan dan pembacaan laporan, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor wa 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp