BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS MENGKOMUNIKASIKAN KENAIKAN HARGA PADA PELANGGAN

Keputusan untuk menaikkan harga adalah salah satu yang dihadapi banyak pemilik bisnis di beberapa titik terutama di era saat inflasi seperti ini. Dengan pemilik bisnis dan konsumen merasakan dampak ekonomi, menaikkan harga bukan lagi hanya keputusan finansial, tapi juga pemasaran.

Baca juga artikel terkait: 4 CARA MELINDUNGI BISNIS ANDA DI MASA INFLASI

Solusi yang diperlukan untuk bisnis saat ini adalah menaikkan harga untuk mengikuti kenaikan biaya barang dan menjaga margin mereka di zona yang menguntungkan. Menemukan keseimbangan yang sempurna antara biaya overhead, biaya makanan, dan margin keuntungan tergantung pada perhitungannya, tetapi bagaimana Anda mengomunikasikan perubahan kepada pelanggan dapat membuat semua perbedaan.

Sebelum Berbagi Kenaikan dengan Pelanggan, Ketahui Angkanya
Pada akhirnya, semua bisnis harus beroperasi pada keuntungan, tetapi perjalanan untuk menjadi menguntungkan, dan tetap menguntungkan, terlihat berbeda untuk semua bisnis. Tergantung pada industrinya, jenis bisnis apa yang Anda jalankan, di mana Anda berada, dan barang dan jasa apa yang Anda suplai, margin keuntungan Anda mungkin berbeda dan berkembang.
Menghitung apa yang diperlukan untuk menjadi menguntungkan bagi bisnis Anda adalah salah satu latihan pertama dalam menjalankan bisnis. Tetapi ketika ekonomi berubah dan harga barang naik, inilah saatnya untuk meninjau kembali akuntansi Anda untuk memastikan Anda dapat membuat pelanggan senang tetapi tidak terlalu memaksakan diri. Uji tuntas ini akan mempersiapkan Anda dalam bidang-bidang berikut seiring berlanjutnya ketidakpastian inflasi:

  1. Mengetahui di mana Anda dapat meminimalkan dampak dari inflasi. Saat Anda menyesuaikan harga untuk mengikuti inflasi, pastikan Anda benar-benar memahami di mana Anda mendapatkan kembali beberapa biaya dan di mana Anda melakukan penyesuaian.
  2. Fleksibilitas seputar strategi penetapan harga. Memahami bisnis Anda secara menyeluruh selama waktu ini akan memungkinkan Anda mengidentifikasi area utama bisnis Anda yang dapat berubah. Ini akan memungkinkan Anda untuk berkreasi tentang layanan dan produk apa yang Anda tawarkan untuk menunjukkan bahwa Anda masih memberikan nilai kepada pelanggan Anda.
  3. Komunikasi yang jelas dengan pelanggan. Sangat penting untuk benar-benar memahami di mana dan mengapa Anda mengubah harga untuk menyiapkan diri Anda untuk komunikasi yang jujur dan transparan dengan pelanggan Anda seputar kenaikan.

Bersikaplah Transparan dan Terbuka dengan Pelanggan tentang Kenaikan Harga.
Pelanggan mungkin tidak senang dengan bisnis favorit mereka yang harus menaikkan harga, tetapi mereka akan menghargai kejujuran.
Salah satu taktik terbaik adalah segera memberi tahu pelanggan tentang perubahan harga melalui email atau media sosial sebelum diterapkan. Sebaiknya hindari kejutan apa pun, terutama dalam hal pembayaran atau langganan terjadwal. Untuk contoh tersebut, pastikan untuk memberi pelanggan cara mudah untuk mengubah langganan mereka jika harga baru tidak sesuai untuk mereka.
Juga, pastikan untuk menyediakan cara bagi pelanggan untuk secara langsung mengomunikasikan frustrasi dengan perubahan harga dan merespons dalam waktu yang wajar. Ini mungkin tampak seperti hal terakhir yang ingin Anda lakukan, tetapi memberi tahu pelanggan yang kecewa bahwa Anda mendengar mereka bisa sangat membantu. Bahkan jika mereka tidak menyukai alasan yang Anda berikan, bersedia untuk berkomunikasi dan mendengarkan umpan balik mereka dapat membangun kepercayaan dan loyalitas dengan mereka.

Akhir Kata
Menavigasi ekonomi yang tidak pasti, inflasi, dan tantangan rantai pasokan sambil mengelola harapan pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan tingkat tinggi adalah banyak hal yang harus ditangani oleh pemilik bisnis mana pun, pada tahap apa pun. Mengkomunikasikan perubahan harga dengan pelanggan mungkin tidak selalu menjadi hal yang paling mudah, tetapi selama Anda tetap transparan dan tulus, pelanggan Anda akan lebih memahami daripada yang Anda harapkan.

Inilah tadi beberapa tips untuk mengkomunikasikan kenaikan harga. Semoga bermanfaat.
Dan jika Anda membutuhkan professional finance untuk membantu merapikan keuangan bisnis Anda? Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi WA 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp