BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS SEDERHANA MEMASTIKAN ARUS KAS YANG BAIK PADA TAHUN 2022

Dua tahun lockdown yang disebabkan oleh pandemi, tentu menyebabkan kepercayaan konsumen yang berkurang, lalu lintas pejalan kaki yang rendah, PHK karyawan, dan ancaman kesulitan.
Sehingga memastikan arus kas yang sehat selalu menjadi pilar utama dari bisnis yang sukses di era pandemi. Dengan ancaman dan ketegangan di sekitar kita, ini bahkan lebih penting dari sebelumnya.
Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan arus kas yang baik di tahun 2022?

Pelaporan dan perkiraan yang teratur dan akurat.
Saat Anda sibuk memusatkan perhatian pada pekerjaan yang ada, perlu ada waktu yang berarti yang disisihkan untuk menghitung angka.

  • Pelaporan. Melaporkan semua elemen yang membentuk arus kas Anda sangat penting untuk memahami sepenuhnya posisi Anda. Jika Anda mengabaikan pelaporan arus kas reguler, Anda menghadapi risiko kelalaian, titik buta, masalah dengan pemasok yang membayar, dan perpanjangan yang berlebihan. Untungnya, dengan perangkat lunak akuntansi yang dikelola dengan baik, menjalankan laporan arus kas adalah urusan yang agak sederhana.
  • Peramalan. Mampu membuat (dan menindaklanjuti) peramalan yang akurat sangat penting untuk memastikan Anda memiliki pegangan pada arus kas Anda. Dengan riwayat data di software akuntansi Anda, ini menjadi lebih tajam dan lebih dapat diandalkan. Jika Anda memproyeksikan perkiraan jauh sebelumnya, dengan sebanyak mungkin data yang berarti, Anda dapat menghindari potensi masalah sebelum terjadi.

Baca juga artikel terkait: CARA MEMPERLANCAR CASH FLOW DENGAN MENGURANGI JUMLAH PIUTANG

Seriuslah dalam memotong biaya overhead Anda.
Anda selalu dapat memangkas lemak dari suatu tempat. Selalu. Berhemat dan mulai:

  • Meneliti pemasok baru untuk kesepakatan yang lebih baik.
  • Meminta diskon dalam bentuk apa pun, di setiap kesempatan.
  • Melihat di mana pengeluaran tidak perlu atau dapat dipangkas.
  • Mencari cara operasi yang lebih segar dan ramping.

Penjualan jelas merupakan cara terbaik bagi bisnis untuk mendapatkan arus kas. Jika Anda tidak menghasilkan penjualan, Anda sebenarnya bukan bisnis. Tentu saja, menghemat uang untuk biaya operasional juga membantu. Sangat penting untuk memiliki anggaran terperinci dan membatasi pengeluaran yang tidak perlu. Semoga bermanfaat.
Dan jika Anda membutuhkan informasi perihal software accounting untuk merampingkan cara operasi bisnis Anda, Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp