BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS TRICK OMNICHANNEL MARKETING

Pemasaran terus mengalami perubahan besar dan cepat. Konsumen dimatikan oleh penjualan massal, dan mengharapkan komunikasi 1 : 1 yang dipersonalisasi di banyak saluran dan perangkat yang mereka gunakan. Sayangnya, ketika menyangkut pemasaran omnichannel, banyak pemasar masih tertinggal. Dorongannya adalah pada pemasaran untuk memberikan pengalaman yang mulus, terlepas dari saluran atau perangkat.
Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa cara untuk meningkatkan pemasaran omnichannel Anda. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menyelaraskan konten Anda dengan perjalanan pembeli Anda, cara meningkatkan konsistensi, dan bagaimana menempatkan pelanggan sebagai jantung dari semua yang Anda lakukan.

Pertimbangkan Konten
Seperti halnya kampanye apa pun, konten akan menjadi urat nadi upaya omnichannel Anda. Mulailah dengan mensurvei konten Anda yang ada untuk mengumpulkan aset yang sesuai dengan kebutuhan dan minat personas Anda pada fase berbeda dari perjalanan pembeli. Ingatlah bahwa konten terbaik adalah konten yang menginformasikan, dan melibatkan audiens Anda, sambil juga mempromosikan merek Anda.
Selanjutnya, sesuaikan format dan presentasi konten Anda agar sesuai dengan konteks setiap saluran tempat Anda bekerja. Tidak hanya setiap bagian konten harus relevan dengan saluran tempat ia muncul, tetapi perlu ada pengalaman yang konsisten di antara saluran. Ini membantu memperlancar pengalaman bagi pengguna di seluruh saluran dan perangkat, membuat mereka lebih mungkin untuk mendapatkan mereka di tempat yang mereka butuhkan. Terakhir, dapatkan lebih banyak nilai dari konten inti Anda dengan menggunakan kembali di seluruh saluran. Tidak perlu terlalu banyak upaya untuk menyingkat ebook ke dalam whitepaper atau mengekstrak infografis dari webinar, jadi ada ROI yang baik dalam melakukannya.

Merangkul Pelanggan
Di era keterlibatan, penting bahwa pengalaman omnichannel Anda berpusat di sekitar pelanggan. Mulailah dengan mencari tahu saluran yang paling disukai pelanggan Anda. Jika Anda tidak tahu di mana mereka berada, bagaimana Anda bisa berharap untuk melayani mereka? Anda perlu memahami keberadaan online mereka, termasuk di mana mereka melakukan riset, pertanyaan pra-penjualan, dan jenis interaksi yang dipersonalisasi yang mereka harapkan. Setelah Anda meletakkan fondasi itu, alihkan perhatian Anda untuk meningkatkan waktu respons secara menyeluruh. Respons yang lebih cepat tidak hanya meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan potensial, tetapi juga mengurangi churn yang sudah ada.
Serta memiliki catatan pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan yang bersih, apakah itu melalui email, media sosial, obrolan, atau lainnya. Hal ini memudahkan tim sukses pelanggan Anda untuk melacak dan menangani masalah dengan cepat. Tidak hanya itu, tetapi Anda dapat lebih menyempurnakan pengalaman omnichannel Anda berdasarkan apa yang Anda pelajari tentang preferensi audiens Anda.

Berikan Pengalaman Yang Konsisten
Bayangkan Anda mengirim email bermerek ke prospek yang baru saja mendaftar untuk buletin Anda. Setelah membaca email, mereka mengklik ke halaman Facebook Anda, hanya untuk dihadapkan dengan gambar profil yang menampilkan logo yang berbeda. Paling-paling, mereka akan bingung oleh perbedaan, paling buruk, mereka akan meragukan apakah halaman yang mereka lihat itu sah. Tidak hanya konsistensi visual yang menjadi prioritas, tetapi Anda juga membutuhkan perpesanan dan bahasa Anda agar selaras di seluruh saluran. Melakukan hal ini mencegah komunikasi Anda dari mengirimkan pesan yang bertentangan dan membuat kampanye saling bersaing tanpa disadari.
Ingatlah bahwa keakraban menumbuhkan kepercayaan, jadi memberikan pengalaman tunggal di seluruh titik kontak adalah penting. Jika pelanggan tidak dapat mengandalkan Anda untuk membimbing mereka melalui perjalanan pra-pembelian yang lancar, mereka tentu tidak akan mempercayai produk atau layanan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda berjuang untuk mempertahankan konsistensi di seluruh bahan merek dan zona waktu, pertimbangkan beralih ke model terpusat untuk produksi aset. Saat semua yang Anda buat ada di satu tempat, akan jauh lebih mudah untuk memastikan bahwa Anda menceritakan kisah yang sama kepada pelanggan Anda, di mana pun mereka berada.

Memanfaatkan Pengalaman Dalam Toko
Mengoptimalkan lintas saluran digital itu penting, tetapi bagi mereka yang memiliki toko batu bata dan semen, pekerjaan itu tidak berhenti di situ. Pelanggan mendambakan pengalaman berbelanja yang mulus. Menjaga konsistensi dalam merek dan pengiriman pesan antara dunia digital dan fisik adalah sangat penting. Mengintegrasikan teknologi ke dalam pengalaman di dalam toko menghadirkan peluang bagus untuk mempertahankan momentum pra-pembelian yang telah mapan.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam praktik omnichannel marketing anda. Semoga artikel diatas menjadi manfaat bagi pembaca dan apabila pembaca membutuhkan pendampingan untuk membuat konsep omnichannel dan implementasi software omnichannel, silahkan bapak ibu kontak kami di wa klik langsung : https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp