BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TUJUAN PENTING PEMBUATAN LAPORAN LABA RUGI

Laporan laba rugi menyajikan hasil keuangan suatu bisnis untuk periode waktu tertentu. Pernyataan ini mengukur jumlah pendapatan yang dihasilkan dan biaya yang dikeluarkan oleh suatu organisasi selama periode pelaporan, serta setiap laba atau rugi bersih yang dihasilkan. Laporan laba rugi adalah bagian penting dari laporan keuangan yang dikeluarkan organisasi. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Software Accounting yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan menuliskan beberapa hal kecil yang dapat mengurangi emisi karbon oleh industri ritel.
Laporan laba rugi berisi beberapa subtotal yang dapat membantu menentukan bagaimana laba atau rugi dihasilkan. Laba kotor diperoleh dengan menjaring pendapatan dan harga pokok penjualan bersama, dan memberikan indikator kemampuan bisnis untuk menetapkan titik harga yang akan diterima pelanggan, dan untuk mempertahankan biaya barang dan jasa yang disediakannya. Subtotal utama lainnya adalah laba operasi, yaitu laba kotor dikurangi semua biaya operasi (seperti penjualan dan biaya administrasi). Subtotal ini mengungkapkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba sebelum efek dari kegiatan pembiayaan diperhitungkan dalam angka laba akhir.
Tujuan dari laporan laba rugi mungkin agak berbeda, tergantung pada pengguna. Seorang investor ingin melihat keuntungan yang konsisten yang membuktikan kelangsungan bisnis. Pemberi pinjaman paling tertarik pada bisnis yang menghasilkan laba yang cukup untuk membayar biaya bunga dan pengembalian jumlah pinjaman.
Sayangnya, profitabilitas bisnis dapat condong oleh transaksi penipuan yang dapat mengubah jumlah pendapatan atau pengeluaran yang dilaporkan, menghasilkan angka laba atau rugi yang tidak mewakili kemampuan pendapatan aktual dari bisnis tersebut. Misalnya, seseorang yang tertarik dengan mengklaim angka laba tinggi bisa mengkapitalisasi aset tertentu sehingga mereka tidak dibebankan biaya sampai periode berikutnya. Atau, individu dapat mengenali uang muka pelanggan sebagai pendapatan, meskipun produk terkait belum diproduksi atau dikirim. Dengan demikian, niat curang dapat mengganggu tujuan laporan laba rugi.

Baca juga : Software Accounting Tersistematis

Demikian artikel ini, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, software accounting, dan software hrd & payroll. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
Selamat datang di Groedu software konsultasi
Send via WhatsApp